Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
KPKNL PALOPO ADAKAN SOSIALISASI DAN PELATIHAN SURVEI DKPB 2014
N/a
Rabu, 25 September 2013 pukul 15:23:05   |   865 kali

DKPB tahun 2013 akan segera berakhir masa berlakunya pada tanggal 31 Desember 2013, sehingga perlu segera dipersiapkan DKPB tahun 2014 guna menjamin tersedianya alat bantu penilaian bangunan pada tahun 2014. Agar DKPB tahun 2014 tetap mengikuti perkembangan  yang ada sehingga nilai bangunan yang dihasilkan mencerminkan kondisi yang sesungguhnya, maka perlu dilakukan proses pembaharuan (updating) data harga bahan bangunan, upah pekerja, dan alat sewa sebagai pembentuk DKPB dimaksud. Demikian yang dikatakan Plh.Kepala Seksi Pelayanan Penilaian Bapak Hidayat Hasanuddin, pada acara kegiatan sosilaisasi dan pelatihan survei DKPB 2014 yang dilaksanakan di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palopo Provinsi Sulawesi Selatan pada hari Rabu tanggal 25 September 2013.


Survei bahan bangunan, upah dan sewa alat dilaksanakan dengan tujuan memperbaharui data harga material, upah dan sewa alat, untuk selanjutnya data tersebut digunakan dalam analisa harga satuan pekerjaan. Dengan menggunakan data harga material, upah dan sewa alat terbaru tentunya diharapkan nilai-nilai yang tercantum dalam tabel DKPB tetap mengikuti perkembangan harga dan mencerminkan harga sesungguhnya di lapangan. Namun demikian, agar DKPB dapat mencerminkan harga sesungguhnya maka pelaksanaan survei bahan bangunan, upah dan sewa alat harus dilakukan dengan tepat dan akurat. Ketepatan survei meliputi ketepatan dalam memilih bahan yang disurvei yang mencakup ukuran, kualitas dan jenis material. Keakuratan survei meliputi pemilihan sumber data dan waktu pelaksanaan survei.


Kegiatan sosialisasi dan pelatihan survei DKPB 2014 tersebut bertujuan agar dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan survei di lapangan. KPKNL Palopo merencanakan untuk melaksanakan survei DKPB pada tanggal 30 September 2013 s/d 05 Oktober 2013 untuk seluruh kota/kabupaten yang terdapat dalam wilayah kerja KPKNL Palopo. Pelaksanaan survei ini melibatkan seluruh Seksi/Subbag yang ada pada KPKNL Palopo sebagai wujud penerapan nilai-nilai Kementerian Keuangan. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan survei harga bahan bangunan, upah dan sewa alat dapat berlangsung secara tepat dan akurat. (Teks : Muh.Noor Akhmad – Foto:  Fadli, KPKNL Palopo- edit/dwi)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini