Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Sosialisasi PMK 106/PMK.06/2013
N/a
Kamis, 19 September 2013 pukul 16:54:42   |   567 kali

Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Jawa Barat, menyelenggarakan Sosialisasi PMK Nomor 106/PMK.06/2013 Tentang Perubahan Atas PMK Nomor: 93/PMK.6/2010 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Lelang, di Auditorium Hotel Savoy Homann, Kamis, 12 September 2013. Jumlah peserta yang menghadiri kegiatan tersebut sebanyak 250 peserta. Pada pidato sambutannya, Kakanwil DJKN Jawa Barat, Sapto Mintarto menyampaikan bahwa, terdapat kebijakan baru mengenai ketentuan lelang perlu diketahui semua pihak. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan update pengetahuan mengenai pemahaman terkait permasalahan hukum terkait lelang, frekuensi lelang dan fungsi lelang.

Direktur Lelang dalam pemaparannya menegaskan kembali bahwa inti sosialisasi ini adalah telah terbit perubahan PMK lelang yang cukup mendasar dan harus dipahami oleh Stakeholder lelang, antara lain :

  1. Terdapat beberapa pengaturan yang menimbulkan kendala dalam praktik, contoh terkait gugatan objek lelang Hak Tanggungan dari pihak lain, selain suami/isteri debitor/tereksekusi.
  2. Modernisasi lelang dengan membuka cara penawaran tertulis tanpa kehadiran peserta lelang, dengan e-mail, tromol pos, dan internet
  3. Menyesuaikan dengan perkembangan masyarakat, dengan menambah garansi bank sebagai bentuk lain jaminan penawaran lelang, untuk mengakomodasi perkembangan transaksi keuangan dan kebutuhan penyetoran jaminan dalam jumlah besar.
  4. Optimalisasi pelayanan lelang di tempat barang berada dengan meniadakan dispensasi tempat pelaksanaan lelang, karena saat ini DJKN telah mempunyai 70 KPKNL dengan kemampuan dan standar pelayanan lelang yang sama dan terdapat 92 Pejabat Lelang Kelas II.

Acara dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab untuk memenuhi keingintahuan peserta terhadap lelang. Di akhir acara, Direktur Lelang menyampaikan harapan agar kegiatan sosialisasi tersebut dapat memberikan manfaat kepada hadirin terutama kepada stakeholder Kanwil DJKN Jawa Barat. ( Teks : Hadiwijaya Bidang KIHI Kanwil Jabar / Edited : Dwinanto)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini