Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
KPKNL Pekalongan Menuju Service Excellent
N/a
Selasa, 10 September 2013 pukul 08:51:30   |   925 kali

Dalam cuaca cerah dan suasana ceria, seluruh jajaran Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pekalongan mulai dari Kepala Kantor, Kepala Seksi, Pelaksana,  sampai dengan petugas Security dan Cleaning Service dengan antusias mengikuti Workshop Penyegaran Personality And Service Excellent selama 3 hari, sejak tanggal 2 s.d. 4 September 2013 yang terselenggara atas kerja sama KPKNL Pekalongan dan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Yogyakarta. Berlokasi di Aula KPKNL Pekalongan, Jalan Sriwijaya nomor 1, Pekalongan.

Mengawali kegiatan tersebut, Kepala KPKNL Pekalongan, Risang Hanung Hascarya membuka acara dengan menekankan bahwa tujuan penyelenggaraan Workshop Penyegaran Personality And Service Excellent tidak lain adalah untuk memberikan tambahan ilmu terkait pelayanan prima serta membentuk sikap menjadi pribadi yang “melayani”. Dalam pembukaan tersebut, Kepala Balai Diklat Keuangan Yogyakarta, yang juga sekaligus menjadi pengajar, Ririn Mardiyani menyampaikan pentingnya membangun kepribadian, penampilan, dan cara berkomunikasi yang efektif dalam melaksanakan tugas sehari-hari terutama ketika memberikan pelayanan kepada pengguna jasa.

Mengusung tema personality and service excellent, para pengajar yang terdiri dari Ririn Mardiyani, Budi Nugroho, Jamila Lestyowati, dan Tri Wibowo menyampaikan materi yang meliputi Personality, Pengembangan Personality, Visual Statement, Komunikasi Efektif, dan Service Excellent. Materi dikemas dengan sangat apik karena tidak hanya berupa paparan, melainkan juga dalam bentuk tayangan film, simulasi, permainan, team work, drama, dan praktek. Salah satu kegiatan yang menarik adalah ketika materi cara bersikap dan berpenampilan formal, pada saat itu peserta laki-laki dipandu oleh Bapak Budi Nugroho mendapatkan ilmu bagaimana cara berpakaian lengkap dengan dasi, cara berjalan, dan sikap berdiri di hadapan audience. Dalam materi yang sama, peserta wanita didampingi oleh Ibu Ririn Mardiyani mendapatkan pelatihan berdandan, cara berjalan, serta sikap duduk dan berdiri.

Dalam workshop yang untuk pertama kalinya dilaksanakan di luar kampus Balai Diklat Keuangan Yogyakarta disampaikan bahwa pada intinya, pelayanan yang prima atau excellent service berawal dari personality yang mampu mendengar dan memahami, terlebih pengguna jasa yang datang memiliki beragam karakter, keperluan, dan masalah, sehingga pemahaman kita akan posisi dan kesadaran diri dapat membantu dalam memberikan tanggapan yang tepat dengan sikap yang pas.

Selain penekanan dalam hal pelayanan kepada pengguna jasa, fokus workshop juga diarahkan kepada komunikasi internal KPKNL, baik antar sesama pegawai, pelaksana kepada pimpinan, maupun pegawai kepada petugas security dan cleaning service, karena pada prinsipnya semuanya merupakan satu kesatuan yang saling mendukung untuk mewujudkan sebuah pelayanan yang berkualitas demi mencapai tujuan organisasi.

Meskipun hanya dilaksanakan selama 3 hari, workshop berlangsung dengan efektif dan diharapkan dapat membantu seluruh pejabat dan pegawai KPKNL Pekalongan untuk meningkatkan kapasitas diri terutama dalam hal berpenampilan dan bersikap, baik ketika memberikan pelayanan kepada para pengguna jasa maupun dalam interaksi internal KPKNL, dan kepada para peserta diberikan sertifikat pelatihan tersebut. (Lien/Agustinus Eko)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini