Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Sekda Minahasa Sambut Antusias Kunjungan Kanwil DJKN Suluttenggo Malut
N/a
Jum'at, 02 Agustus 2013 pukul 15:14:35   |   1081 kali

Minahasa - Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara pada Selasa, 30 Juli 2013 yang lalu, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Minahasa. Selain untuk menjalin silaturahmi dengan pemerintah daerah setempat, kunjungan kerja ini dilakukan untuk mensosialisasikan tugas dan fungsi Kanwil DJKN dan posisinya dalam Pengelolaan Barang Milik Daerah dan Pengurusan Piutang Daerah.

Rombongan Kanwil DJKN Suluttenggo Malut yang terdiri dari Wahyu Setiadi (Kepala Bidang Penilaian), M. Umar (Kepala Bidang Piutang Negara), Devi Lesilolo (Kepala Seksi Piutang Negara 2), dan Edward Pratama disambut langsung oleh J.R. Korengkeng selaku Sekretaris Kabupaten Minahasa. Pada kesempatan tersebut, Kepala Bidang Piutang Negara  M. Umar menyampaikan keinginannya untuk lebih mengoptimalkan peran PUPN Cabang Sulawesi Utara/Kanwil DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara dalam hal pengurusan piutang daerah, khususnya di Minahasa.

Kepala Bidang Penilaian Wahyu Setiadi juga menyampaikan tugas dan fungsi Kanwil DJKN dalam bidang penilaian dan posisinya dalam membantu penilaian Barang Milik Daerah, terutama dalam rangka penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah serta Pemanfaatan dan Pemindahtanganan Barang Milik Daerah.

Bak gayung bersambut, J.R. Korengkeng yang baru tiga bulan menjabat sebagai Sekretaris Kabupaten Minahasa ini menyambut kunjungan tersebut dengan antusias. Salah satu hal yang mendasari antusiasme putra asli Minahasa tersebut disebabkan oleh Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Minahasa tahun 2012 oleh BPK diberi opini Tidak Wajar. Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa ini, permasalahan utama yang menjadi catatan BPK adalah banyaknya aset pemerintah daerah tersebut yang belum memiliki nilai wajar dan belum dikelola dengan baik. Menurutnya, kedatangan Tim Kanwil DJKN kali ini memberikan titik terang bagi Pemerintah Kabupaten Minahasa dalam membantu permasalahan yang dihadapi, terutama dalam melakukan pengelolaan aset dan pengurusan piutang. Pada kesempatan tersebut, Sekda Minahasa juga mengutarakan ide-idenya untuk dapat membangun dan memajukan kembali daerah Minahasa, terutama kota Tondano yang merupakan ibukota Kabupaten Minahasa.

Di akhir acara, J.R Korengkeng mengucapkan terima kasih atas kedatangan Tim dari Kanwil DJKN dan secepatnya akan melakukan kunjungan balasan untuk membahas lebih jauh tentang kerjasama antara kedua belah pihak.  (Setyo Widodo, Kanwil DJKN Suluttenggo Malut, editor: dihc).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini