Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Dukung Inklusi Ekonomi, DJKN Gelar Lelang Sukarela Produk UMKM Penyandang Disabilitas
Monika Yulando Putri
Jum'at, 29 Maret 2024 pukul 11:58:54   |   402 kali

Jakarta – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) menyelenggarakan lelang produk karya masyarakat penyandang disabilitas binaan Panti Sosial Bina Netra dan Rungu Wicara (PSBNRW) Cahaya Batin pada Kamis (28/3) bertempat di Pendopo Kanwil DJKN DKI Jakarta. Lelang sukarela tersebut merupakan Upaya DJKN untuk turut berpartisipasi dalam mendukung inklusi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Dalam sambutannya, Direktur Lelang Tavianto menyebutkan bahwa Direktorat Lelang selaku regulator lelang berupaya untuk terus mengembangkan Lelang Non Eksekusi Sukarela melalui berbagai peraturan terkait. Pada kesempatan yang sama, Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta Mahmudsyah menjelaskan bahwa Kanwil DJKN DKI Jakarta ingin memperkenalkan potensi UMKM binaan kantor yang dipimpinnya tersebut.

Masyarakat penyandang disabilitas binaan PSBNRW Cahaya Batin memiliki tingkat produktivitas tinggi dalam berkarya tetapi terkendala pemasaran. Melalui lelang, DJKN dapat membantu memasarkan dan mengenalkan produk UMKM untuk mendapatkan harga yang kompetitif.

“Kita semua memiliki kewajiban memberi dukungan karena isu disabilitas bukan hanya tanggung jawab dinas sosial,” tegas Mahmudsyah. “Melalui lelang sukarela ini lebih memperkuat sinergi pemberdayaan UMKM. Dengan kolaborasi yang kuat, kami yakin bisa menciptakan dampak positif yang luas.” imbuhnya.

Lelang sukarela tersebut merupakan inisiasi Kanwil DJKN DKI Jakarta yang diselenggarakan oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Jakarta IV. Terdapat 20 lot barang yang dilelang seperti tas dan sepatu batik, patung ondel-ondel berbahan kayu dan resin, hingga pajangan Monas berbahan kayu.  Sebelum pelaksanaan lelang secara luring (offline), Kanwil DJKN DKI Jakarta bersama dengan Pusdiklat Kekayaan Negara dan Perimbangan Keuangan (Pusdiklat KNPK) telah menyelenggarakan Kementerian Keuangan Corporate University Open Class (Kemenkeu Corpu Open Class) dengan tema: “Melangkah Bersama: Upaya Inklusi Ekonomi UMKM Penyandang Disabilitas Melalui Lelang Sukarela” dalam bentuk seminar digital (webinar) pada Rabu (27/3).

(mnk/ang)
 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini