Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Kakanwil XV DJKN Makassar: SDM dan IT Harus Berkembang Sejalan
N/a
Senin, 29 Oktober 2012 pukul 17:26:21   |   341 kali

Makassar - Bertempat di Hotel Swiss Bell inn Makassar telah diselenggarakan sosialisasi Website dan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dossir Kepegawaian oleh Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan pada hari Kamis tanggal 18 Oktober 2012. Pengelolaan website dimaksudkan agar data maupun informasi dapat disebarluaskankan secara cepat dan dapat diakses di mana saja. Demikian yang disampaikan Kepala Kantor Wilayah XV Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil XV DJKN) Thaufik yang mewakili Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Sulawesi Selatan dalam sambutannya dan sekaligus membuka pelaksanaan acara tersebut. Thaufik menjelaskan bahwa peranan SDM yang handal dalam pelaksanaan pekerjaan sangatlah penting. Dalam era teknologi seperti sekarang ini, SDM diharapkan mampu dan mengerti dalam pengoperasian suatu sistem atau aplikasi. Sistem dan aplikasi hanyalah kendaraan sehingga tanpa keterampilan dan pengetahuan yang memadai maka kendaraan tersebut tidak akan berjalan dengan baik. Tidak hanya keahlian dalam pengoperasian yang diperlukan, tetapi juga pemeliharaan dan perawatan perangkat lunak (software) pendukung baik secara sistem keamanan maupun perangkat kerasnya (hardware) seperti database kepegawaian yang perlu diperhatikan kerahasiaan dan keamanannya. Adapun peserta sosialisasi berasal dari perwakilan semua satuan kerja Kementerian Keuangan yang ada di kota Makassar.

SDM dibentuk dan diciptakan berdasarkan proses waktu dan pendidikan yang tidak bisa dibeli, sehingga Thaufik memberikan saran kepada peserta agar setelah mendapatkan ilmu dari sosialisasi ini agar dapat membagi ilmu yang didapat kepada rekan kerja, sehingga apabila terjadi mutasi baik itu internal dalam kantor ataupun mutasi ke tempat yang berbeda, pelajaran yang telah didapat tidak ikut hilang. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga agar tidak terjadi kekosongan dalam pelaksanaan tugas pada suatu bidang.

  

Sosialisasi dilaksanakan selama satu hari dengan materi pengenalan website Biro SDM yang dapat dilihat pada alamat http://www.sdm.depkeu.go.id. Website ini berisi data kepegawaian yang menyimpan dokumen pegawai secara akurat yang dapat diakses oleh semua pegawai dengan melakukan login sebelumnya. Tata kelola kearsipan dosir kepegawaian yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi ini dibuat dalam rangka menjalankan siklus kearsipan, pelayanan kepada stakeholders dan penyediaan informasi sebagai bahan pengambilan keputusan. (yuli-kanwil_xv_Makassar_)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini