Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Final The Asset Manager, Menkeu: Aset Harus Menjadi Sumber Penggerak Perkonomian Indonesia
Esti Retnowati
Rabu, 18 Oktober 2023 pukul 18:32:55   |   307 kali

Jakarta – Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN), Badan Layanan Umum (BLU) di bawah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) menyelenggarakan final dan malam puncak penghargaan kompetisi The Asset Manager pada Selasa (17/10) di Gedung AA Maramis, Jakarta. Pada kesempatan itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengapresiasi seluruh kreativitas dari seluruh tim partisipan dan berharap kemampuan itu dapat terus dipertahankan dalam pengelolaan aset di unitnya masing-masing.

 

“Kita bisa dan dapat melihat contoh-contoh lain (pengelolaan aset di Luar Negeri -red). Saya berharap ini juga memberikan inspirasi bagi kita untuk menata aset-aset kita sehingga perekonomian kita bisa bergerak makin baik dan aset-aset ini menjadi sumber penggerak perekonomian kita,” ungkap Menkeu.

 

Sebagai negara emerging country, lanjut Menkeu, Indonesia harus bisa menggali sumber-sumber daya untuk bisa meningkatkan pembangunan. Salah satunya dengan terus meningkatkan kemampuan dalam men-generate aset melalui creative financing.

 

Selain itu, Menkeu juga mengatakan bahwa pengelolaan aset negara memunculkan tantangan yang sangat riil sehingga memerlukan kemampuan dan kompetensi optimalisasi penggunaan aset yang terus ditingkatkan, yang salah satunya dilaksanakan melalui kompetisi The Asset Manager.

 

The Asset Manager merupakan kegiatan tahunan LMAN yang bertujuan untuk membangun kesadaran dan kompetensi pengguna aset, khususnya Barang Milik Negara di lingkungan Kementerian/Lembaga, Badan Layanan Umum (BLU), Pemerintah Daerah, dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), untuk mewujudkan optimalisasi aset negara, melalui perencanaan dan implementasi konsep pemanfaatan aset terbaik. Harapannya, inovasi pengelolaan memperkuat fungsi aset negara sebagai alat fiskal dan menghasilkan berbagai manfaat baik dari sisi sosial ekonomi maupun finansial berupa Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) untuk kesejahteraan masyarakat.

 

Di tahun ini, LMAN menitikberatkan kompetisi The Asset Manager pada pengelolaan aset-aset di wilayah Jakarta, dengan mempertimbangkan rencana strategis nasional pemindahan Ibu Kota Negara ke Nusantara. Oleh karena itu, studi kasus yang harus diselesaikan peserta terdiri dari berbagai aset negara baik kelolaan LMAN maupun kelolaan instansi yang menjadi mitra advisory LMAN yang berada di wilayah Jakarta. Dengan adanya pemindahan ibu kota, pengelolaan aset negara terutama di Jakarta, membutuhkan sumber daya manusia dengan ide kreatif dan inovatif, agar aset negara yang ditinggalkan tetap menghasilkan nilai tambah dan tidak menjadi beban fiskal ke depannya.

 

Direktur Utama LMAN Basuki Purwadi berharap bahwa The Asset Manager menjadi milestone penting dan berdampak besar bagi implementasi optimalisasi aset negara di seluruh lini, termasuk Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah dan BUMN. LMAN senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan kompetensi dalam pengelolaan aset negara, melalui sinergi dan kolaborasi guna menghasilkan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat.

 

Selamat kepada Pemenang kompetisi The Asset Manager,

Kategori Master

Juara pertama: PT Wijaya Karya (Persero), Tbk

Juara kedua: PT Hutama Karya (Persero)

Juara ketiga: tim PT Graha Sarana Duta

 

Kategori Maestro

Juara Pertama: Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jawa Barat

Juara Kedua: Universitas Jember

Juara ketiga: RSUP Prof. Dr. I.G.N.G Ngoerah

 

(es/son/er)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini