Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Secondment Kemenkeu 2023, Tilik Lebih Dalam Proses Bisnis Pengelolaan Aset BMN Hulu Migas
Arista Putri
Kamis, 21 September 2023 pukul 16:20:08   |   514 kali

Jakarta – Upaya pengembangan kompetensi pegawai Kementerian Keuangan guna meningkatkan kinerja SDM dan organisasi merupakan salah satu tujuan dari terselenggaranya Program Secondment  Kemenkeu. Pada tahun ini Direktorat Jenderal Kekayaan Negara selaku pengelola aset negara ditunjuk sebagai Unit Host pelaksanaan secondment dengan tema  Proses Bisnis Pengelolaan Aset-Pengelolaan Barang Milik Negara Hulu Migas dan Gas Bumi (BMN Hulu Migas).

 

Salah satu rangkaian kegiatan secondment 2023 kali ini adalah site visit dan sharing session terkait pengelolaan barang milik negara hulu migas dan gas bumi yang dilaksanakan secara hybrid dari Gedung Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) pada hari Kamis (21/09).

 

“Dalam kegiatan secondment ini telah disampaikan berbagai materi dalam tiap tahap pengelolaan terhadap secondee yang dilakukan baik dari internal DJKN serta didukung mitra dan stakeholder SKK Hulu Migas yakni K3S, SKK Migas, Kementerian ATR/BPN, dan Kementerian SDM,” ujar Yoshua Wisnungkara selaku Kepala Subdirektorat Perumusan Kebijakan Kekayaan Negara Lain-Lain, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara saat membuka kegiatan site visit program secondment kali ini.

 

Ia juga menyampaikan bahwa industri hulu migas merupakan bagian usaha strategis yang memberikan kontribusi dan nilai tambah bagi negara, untuk itu BMN hulu migas perlu dikelola dengan baik dengan mengakomodir perkembangan bisnis dan lain sebagainya. Yoshua juga berharap agar kiranya dalam pengalaman kali ini dapat memberikan kesempatan bagi kita semua untuk dapat terus mengoptimalisasi pengelolaan hulu migas di waktu yang akan datang.

 

Selanjutnya, Kepala Divisi Sumber Daya Manusia Manajemen Kinerja dan Kepatuhan Internal, LMAN, Tb Abdurahman juga menyampaikan bahwa tentunya program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para pegawai sambil mempelajari proses bisnis yang berada di unit lain. Boleh jadi dengan program secondment ini kita tidak hanya berkarir di DJKN, namun juga kita menjalani tugas di unit eselon satu yang lain, dan dengan kegiatan ini proses bisnis yang kita lakukan dapat sesuai dengan ekspektasi kita semua.

 

“Terdapat 2 aset LMAN yang berhubungan dengan kilang, yakni Kilang Arun dan Kilang Badak. Dan diharapkan setelah memberikan gambaran apa yang kita dilakukan di LMAN, tidak menutup kemungkinan untuk Bapak/Ibu sekalian dapat memberikan masukan pada LMAN terkait dengan tantangan mengenai proses bisnis pengelolaan BMN Hulu Migas yang telah kami laksanakan,” ujar Abdurahman demikian.


Pada kesempatan ini para secondee dan mentor sejumlah 54 orang yang merupakan pegawai Kementerian Keuangan serta SMV dan BLU di lingkungan Kementerian Keuangan diajak untuk menilik proses bisnis dari Kilang Badak dan Kilang Arun yang merupakan aset kelolaan LMAN yang merupakan ex pertamina (diserahkelolakan kepada LMAN), yang merupakan bagian pendukung proses hulu dan hilir migas ucap Widyaningrum, Kepala Divisi Pendayagunaan Properti II LMAN selaku narasumber pada kegiatan site visit kali ini.  (Arv/Arst – Humas DJKN)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini