Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Kami Dikunjungi, Kami Bangga, Kami Makin Bersemangat
N/a
Selasa, 16 April 2013 pukul 16:52:35   |   401 kali

Batam – Tepat pukul 10.00 WIB, Kamis, 11 April 2013, Direktur Jenderal Kekayaan Negara Hadiyanto beserta rombongan tiba di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Batam. Kunjungan ini merupakan rangkaian agenda kegiatan kunjungan kerja Dirjen di Batam setelah memberikan pengarahan  terkait Sosialisasi PMK No. 4/PMK.06/2013kepada Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam) di Gedung BP Batam.

Semangat dan antusiasme diperlihatkan oleh seluruh pejabat dan pegawai KPKNL Batam. Didampingi Kepala KPKNL Batam Abdul Malik dan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Riau Sumatera Barat dan Kepulauan Riau Tri Intiaswati, Dirjen Kekayaan Negara langsung meninjau suasana kegiatan pelayanan pada front office (FO) dan melakukan perbincangan hangat dengan petugas dan pengguna jasa yang berada di FO tersebut. Terlihat begitu semangatnya Kepala KPKNL Batam menjelaskan seluruh sarana prasarana yang tersedia pada KPKNL Batam dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada stakeholders. Tidak luput juga pada hari itu, Dirjen melihat seluruh suasana ruang kerja pegawai sekaligus melakukan perbincangan dengan para pegawai. Terlihat suasana penuh kekeluargaan yang hangat serta keakraban antara Dirjen dan seluruh pegawai. Acara dilanjutkan dengan melakukan sarapan bersama dengan menu spesial pagi itu adalah Bakso Gunung yang di “impor” langsung dari Kabupaten Karimun. Kunjungan kerja Dirjen ini merupakan sebuah kebanggan untuk KPKNL Batam yang secara tidak langsung memberikan motivasi serta semangat bagi pegawai KPKNL Batam dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab. Setelah sarapan bersama, acara dilanjutkan dengan rapat kerja antara Dirjen, pejabat kantor pusat DJKN (Sekretaris Ditjen Kekayaan Negara, Direktur Barang Milik Negara, dan Kabag Umum), para pejabat dari lingkungan Kanwil DJKN Riau, Sumbar dan Kepri serta pejabat pada  KPKNL Batam beserta seluruh staff hadir pada acara tersebut. Dalam arahannya, Hadiyanto memberikan apresiasi atas prestasi KPKNL Batam yang merupakan salah satu lokasi survei dari enam wilayah survey IPB (Institut Pertanian Bogor) yaitu Batam, Makasar, Balikpapan, Surabaya, Medan dan DKI Jakarta. Nilai indeks kepuasan pelayanan publik berdasarkan hasil survei dari pihak eksternal tersebut pada tahun 2012 mencapai angka 4,19 yang secara langsung memberikan kontribusi atas indeks kepuasan masyarakat terhadap kinerja DJKN tahun 2012 yang mencapai angka indeks 3,99. Indeks kepuasan masyarakat terhadap kinerja Kementerian Keuangan  tahun 2012 adalah 3,90. “Kita tidak boleh cepat puas dengan apa yang telah dicapai, jadilah tipe manusia climbers,” tegas Hadiyanto. Sebagai pegawai kita harus menjadi orang yang sungguh-sungguh dalam bekerja dan berprestasi, tidak pernah puas dengan apa yang dicapai, dan terus berusaha memberikan yang terbaik. Jangan seperti tipe campers yaitu orang yang berhasil mencapai suatu prestasi tertentu, kemudian merasa puas cukup, apalagi quiters yaitu yang senang bekerja, tetapi mudah patah, ujar Hadiyanto.   Hadiyanto menjelaskan nilai indeks kepuasan tersebut dapat lebih kita tingkatkan lagi dengan beberapa prioritas perbaikan yaitu: (1) melakukan monitoring ketepatan layanan unggulan, (2) memberikan informasi yang jelas mengenai waktu penyelesaian layanan (termasuk perhitungan waktu) dengan cara sosialisasi atau memberikan brosur pelayanan, (3) menjelaskan penyebab terjadi waktu penyelesaian yang lama, sehingga pengguna jasa  dapat memahami prosedur dan waktu yang telah ditetapkan, dan (4) meminimalisir keterlambatan waktu penyelesaian.Kesulitan pencapaian pengguna jasa terhadap kantor pelayanan dapat dipermudah dengan memberikan kemudahan berupa layanan melalui telepon dan email.(5) Melaksanakan pelayanan sesuai dengan SOP dan menjelaskan prosedur secara terus menerus agar prosedur yang ditetapkan dapat dipahami dan diterima oleh pengguna jasa, dan (6) Memantau pelaksanaan pelayanan dan berbagi (sharing) ilmu diantara sesama pegawai dan meletakan petugas yang andal pada area pelayanan. Acara kunjungan kerja yang berlangsung kurang lebih selama satu setengah jam tersebut diselingi dengan tanya jawab dengan para pegawai KPKNL Batam yang berlangsung hangat dan diselingi humor-humor sebagai ice breaking. Acara kemudian diakhiri dengan pemberian Banner Rangking  Tingkat Kepuasan Publiksitas Pelayanan DJKNoleh Dirjen Kekayaan Negara kepada Kepala KPKNL Batam dan ditutup dengan foto bersama dengan seluruh pegawai KPKNL Batam. (Tim Humas KPKNL Batam)
Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini