Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
KPKNL Jakarta I Sukses Melaksanakan Lelang Eksekusi Pengadilan Negeri dengan Suasana yang Kompetitif
N/a
Kamis, 18 April 2013 pukul 14:40:22   |   511 kali

Jakarta - KPKNL Jakarta I berhasil melaksanakan Lelang Eksekusi Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dalam suasana yang kompetitif dan mencapai besaran nilai lelang yang fantastis, yaitu sebesar 201,58% dari harga limit. Lelang atas sebidang tanah dan bangunan seluas 200 m² yang terletak di Jl. Kepu Selatan No. 54 Bungur, Kec. Senen, Jakarta Pusat tersebut dilaksanakan pada Rabu, 10 April 2013, pukul 14.00 WIB, bertempat di Ruang Rapat Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dan dipimpin oleh Hendy Kurniawan selaku Pejabat Lelang.

Lelang yang diikuti oleh empat peserta berlangsung dengan sangat kompetitif. Pejabat Lelang membuka harga limit lelang dengan nilai sebesar Rp2.778.000.000,00 yang ditawarkan secara lisan dan semakin meningkat dengan kelipatan Rp2 juta. Pada awalnya penawaran masih diikuti oleh seluruh peserta. Namun, ketika Pejabat Lelang meningkatkan kenaikan penawaran dengan kelipatan Rp5 juta, peserta lelang yang melakukan penawaran hanya tinggal dua peserta. Penawaran berlangsung dengan sangat sengit di antara kedua peserta tersebut. Bahkan, ketika penawaran menyentuh level Rp5 Milyar, atas dorongan semangat dari Pejabat Lelang, kedua peserta masih saja terus menaikkan penawarannya untuk memperebutkan objek lelang. Sampai akhirnya pada saat salah seorang dari kedua penawar tersebut yang bernama Wahyu mengajukan penawaran dengan nilai sebesar Rp5.600.000.000,00, peserta lainnya tidak mengajukan penawaran lagi. Dengan demikian, Pejabat Lelang mengumumkan bahwa obyek lelang telah laku terjual kepada Wahyu (yang kemudian ditetapkan sebagai Pembeli) dengan harga sebesar sebesar Rp5.600.000.000,00. Watti Wiarti yang bertindak selaku Penjual dalam pelaksaan lelang tersebut, mengaku sangat terkejut dan tidak menyangka sama sekali kalau harga akan meningkat sampai mencapai lebih dari dua ratus persen dari harga limit. 

Pada akhir acara pelaksanaan lelang, yaitu pukul 16.30 WIB, Pejabat Lelang memberikan applause kepada seluruh peserta lelang, terutama kepada Pembeli, dan menghaturkan rasa terima kasihnya atas partisipasi seluruh pihak dalam pelaksaan lelang tersebut. Menurut Hendy Kurniawan yang melaksanakan lelang tersebut, pembentukan harga yang fantastis tersebut tentunya didukung oleh letak obyek lelang yang marketable dan penciptaan persaingan yang kompetitif di antara peserta. “Meskipun memakan waktu yang cukup lama, sekitar dua setengah jam, kami merasa puas terhadap harga yang terbentuk. Mudah-mudahan bisa membantu pencapaian target,” tutur Hendy saat ditemui di tempat terpisah.

Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Jakarta I, Indra Eka Putra yang menerima kabar tersebut melalui telepon setelah pelaksanaan lelang berlangsung, menyampaikan apresiasinya terhadap semangat dan kerja keras pejabat lelang beserta seluruh staff terkait. Menurut beliau, semangat dan antusias pejabat lelang turut mempengaruhi peserta lelang untuk membeli barang dengan harga jauh di atas harga limit sehingga dapat meningkatkan pendapatan lelang. Kesuksesan pelaksanaan lelang kali ini turut berkontribusi terhadap pencapaian target lelang. Sampai dengan saat ini, pencapaian target lelang KPKNL Jakarta I telah mencapai angka 61,41% dari keseluruhan target harga pokok lelang tahun 2013. (Lydia F Turnip – KPKNL Jakarta)



Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini