Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Puncak Peringatan 115 Tahun Lelang Indonesia : Digitalisasi Lelang Dukung Pertumbuhan
Hanna Afina Azmi
Selasa, 18 Juli 2023 pukul 17:21:53   |   280 kali

Selasa (18/7), Direktorat Jenderal Kekayaan Negara berkolaborasi dengan Perbankan, Balai Lelang, dan Pejabat Lelang Kelas II, melaksanakan Puncak Acara 115 Tahun Lelang Indonesia secara luring di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan. Acara yang dapat disaksikan pula secara live streaming melalui Kanal Youtube DJKN tersebut dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan, Direktur Jenderal Kekayaan Negara, para pejabat Kementerian Keuangan, serta para stakeholder DJKN.

Acara dibuka dengan penyampaian Laporan Pelaksanaan Rangkaian Acara 115 Tahun Lelang Indonesia oleh Joko Prihanto selaku Direktur Lelang. Dalam laporannya, Joko menyampaikan tujuan dari diadakannya Peringatan 115 Tahun Lelang yaitu:

1)      Melakukan edukasi, komunikasi, dan sosialisasi lelang kepada seluruh masyarakat;

2)      Menjadi sarana bertemunya para penjual dan pembeli lelang;

3)      Sebagai sarana pertemuan bagi para komunitas sehingga dapat memperluas pasar lelang.

Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Rionald Silaban, Direktur Jenderal Kekayaan Negara yang menyampaikan bahwa dasar hukum pelaksanaan lelang di Indonesia sampai saat ini adalah Vendu Reglement yang sudah dipakai sejak tahun 1908. Dengan demikian pada tahun ini Lelang sudah berusia 115 tahun. Oleh karena itu, DJKN melakukan beberapa kegiatan dalam untuk memperingati 115 tahun Lelang di Indonesia.

Direktur Jenderal berharap dengan adanya acara ini, lebih terjalin komunikasi dan sosialisasi Lelang kepada masyarakat. Untuk itu, DJKN harus berusaha secara simultan memperkenalkan peranan lelang kepada masyarakat serta menyesuaikan proses bisnis dan prasarana pendukungnya dengan perkembangan teknologi. Salah satu wujud nyatanya adalah dengan melakukan Digitalisasi Lelang untuk mempermudah masyarakat dalam bertransaksi melalui lelang dan juga menciptakan rasa objektif bagi masyarakat karena dilaksanakan secara terbuka. 

DJKN terus melakukan transformasi dalam Digitalisasi Lelang di Indonesia, sejak dibentuknya aplikasi lelang pada tahun 2013, DJKN secara berkesinambungan melakukan penyempurnaan yang pada akhirnya pada tahun 2018 aplikasi lelang berkembang dan berganti nama menjadi “Portal Lelang Indonesia”.

Acara 115 Tahun Lelang Indonesia yang mengusung tagline Digitalisasi Lelang Dukung Pertumbuhan merupakan wujud komitmen DJKN dengan didukung oleh seluruh Insan Lelang Indonesia untuk menghadirkan lelang yang modern dan mendorong pertumbuhan di berbagai bidang sampai ke tingkat global demi tercapainya pertumbuhan ekonomi nasional yang semakin baik.

Dalam momen penting tersebut juga menyajikan penganugerahan penghargaan kepada pemenang Lomba Ajang Kreativitas Insan Lelang Indonesia Tahun 2023  yaitu :


KATEGORI LOMBA FOTO

Juara I : Priyanda Bagus Pratama

Juara II : I Dewa Ayu Oka Maya Saputri Artini 

Juara III

: Liz Juelita


KATEGORI LOMBA TAGLINE 

Juara I : H. Jasril, S.H., S.E 

Juara II : Maulana Gilang Firdaus 

Juara III : Gugun Sugara 


KATEGORI LOMBA VIDEO

Juara I : Agus Kurniawan, 

Tri Wibowo, dan Dwito Joko Priyono 

Juara II : Angga Christofel dan

Furra Pisga Pamasela 

Juara III : 

Ery Subagiyo,

Hubertus Sikstus Basa Sare Wendo, dan

La Ode Abdul Machmud

Serta diberikan juga penghargaan kepada pencipta lagu Kampanye Anti Penipuan Lelang “Kapusan Kelangan” Soni Sutejo.

Acara kemudian, dilanjutkan dengan dialog inspiratif dengan tema “Semangat Kebangsaan Melandasi Pengembangan Lelang Menuju Pasar Dunia”, pelaksanaan lelang sukarela berupa kendaraan bermotor, benda seni lukisan, kain tenun, barang antik/kuno, komoditi kopi, dan produk UMKM lainnya.

Semoga dengan semangat kebangsaan yang melandasi pengembangan lelang menuju pasar dunia, masyarakat semakin mengenal tentang lelang serta semakin antusias berperan dalam jual beli secara lelang.

Ayo... Ikut Lelang !!!

Redaksi: Tim Humas Direktorat Lelang (Galih)

Foto : Tim Humas DJKN Pusat dan Direktorat Lelang 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini