Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Olahraga Bersama Dalam Rangka Penegakkan Disiplin Pegawai dan Internalisasi Nilai-Nilai Kementerian Keuangan
N/a
Rabu, 06 Maret 2013 pukul 07:07:02   |   721 kali

Surabaya - Olahraga merupakan salah satu sarana efektif untuk membina kerja sama, koordinasi, dan kekompakan. Banyak permasalahan kerja yang macet di meja kerja, namun melalui olahraga dapat terselesaikan. Belum manfaat lainnya yang diperoleh, seperti tubuh sehat dan bugar, pikiran jernih, dan mental batin yang tenang. Oleh karena itu, ungkapan “Mensana In Corporesano” yang bermakna bahwa di dalam tubuh yang sehat akan terdapat jiwa yang kuat sangat pas untuk menggambarkan sejuta manfaat dari olahraga.

Menyadari begitu banyak manfaat yang diperoleh dari olahraga tersebut, Kantor Wilayah X Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kanwil (Kanwil X DJKN) Surabaya menggunakan olahraga sebagai sarana untuk menanamkan disiplin para pegawai dan melakukan internalisasi Nilai-Nilai Kementerian Keuangan. Hal tersebut diwujudkan dengan penyelenggaraan olahraga bersama pada Jumat (01/03/2013) di Aula lantai 4 Gedung Keuangan Negara (GKN) Surabaya II. Olahraga bersama disambut gembira oleh semua pegawai Kanwil X DJKN Surabaya.

    

Sebelum olahraga dimulai, Kakanwil X DJKN Surabaya Lalu Hendry Yujana menyampaikan pengarahan terkait penegakan disiplin pegawai sekaligus internalisasi Nilai-Nilai Kementerian Keuangan. Dalam arahannya, ia menyampaikan bahwa sesuai dengan Surat Edaran Nomor SE-37/KM.01/2012 tentang Penegakan Displin Pegawai Negeri Sipil di Kemenkeu, semua pegawai harus bisa berpakaian yang rapi dan sopan sesuai dengan ketentuan berpakaian yang berlaku, dilarang merokok di dalam kantor, harus disiplin dalam waktu kerja, dan hal lainnya di mana seorang pegawai harus berani menegur teman sendiri yang tidak displin, seperti berpakaian yang tidak rapi dan sopan serta merokok di dalam kantor.

Dengan pengarahan tersebut, semua pegawai dianggap sudah mengetahui isi SE-37/KM.01/2012 tersebut dan diharapkan dapat melaksanakannya.  “Terima kasih anda semua telah bekerja dengan baik. Saya sangat puas dengan kinerja Saudara yang cepat, akurat, dengan selalu menjaga governance, dan selalu menjalankan arahan saya dengan baik. Semua pelaksana dan kepala seksi di sini telah menjalankan jam kantor dengan baik. Pertahankan ini semua dan output kerja tetap dijaga dengan baik,” pesan Kakanwil.

    

Sementara itu, terkait dengan Nillai-Nilai Kementerian Keuangan yang meliputi Integritas (bersikap jujur, tulus, dapat dipercaya, dan menjaga martabat dan tidak melakukan hal-hal tercela), Profesionalisme (mempunyai keahlian dan pengetahuan yang luas dan bekerja dengan hati), Sinergi (memiliki sangka baik, saling percaya dan menghormati dan menemukan dan melaksanakan solusi terbaik), Pelayanan (melayani dengan berorientasi pada kepuasan pemangku kepentingan dan bersikap proaktif dan cepat  tanggap), Kesempurnaan (melakukan perbaikan terus-menerus dan mengembangkan inovasi dan kreativitas) harus dihidupkan dalam kehidupan sehari-hari.

Visi Kementerian Keuangan yaitu menjadi pengelola keuangan dan kekayaan negara yang dipercaya dan akuntabel untuk mewujudkan Indonesia yang sejahtera, demokratis, dan berkeadilan akan dapat diwujudkan apabila semua pegawai Kementerian Keuangan dapat menerapkan Nilai-Nilai Kementerian Keuangan dalam dunia nyata, tidak hanya menjadikannya sebagai slogan sakti. “Olahraga bersama ini saya harapkan dapat meningkatkan sinergi  seluruh pegawai di Kanwil X DJKN Surabaya dan menghapus sekat-sekat pemisah. Jaga terus kebersamaan ini. Saya ingin kegiatan seperti ini terus berlanjut,” pesan Kakanwil.

Ditulis Oleh  : Agung Widodo –Kanwil X DJKN Surabaya

    

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini