Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Kinerja Positif APBN Kita Regional Sulteng, Modal Kuat Respon Tantangan di Tahun 2023
Angger Dewantara
Selasa, 07 Februari 2023 pukul 15:00:36   |   261 kali

Palu – Kementerian Keuangan Regional Sulteng menyelenggarakan Press Conference APBN Kita Regional Sulteng bertajuk “Kinerja Positif APBN Sulteng 2022, Modal Kuat Merespon Tantangan di 2023 pada Selasa, (7/2) di Aula Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara (Kanwil DJPb) Provinsi Sulawesi Tengah.


Pada kegiatan tersebut seluruh kantor vertikal Kementerian Keuangan menyampaikan seluruh capaian tugas dan fungsi yang memiliki implikasi terhadap kondisi perekonomian Provinsi Sulawesi Tengah.


Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palu Krisdianto turut menyampaikan beberapa capaian terkait Outlook Realisasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Sulawesi Tengah sepanjang tahun 2022. Ia mengatakan kinerja PNBP di Tahun 2022 terlihat lebih baik dibandingkan dengan kinerja PNBP di tahun 2021. “Tercatat hingga Desember 2022 pertumbuhan PNBP mencapai 30,7 persen (yoy). KPKNL Palu juga bahkan mencapai target realisasi PNBP 100 persen sejak bulan Agustus di tahun 2022,” ungkapnya.


Menurut keterangan Krisdianto, PNBP terbesar di Sulawesi Tengah berasal dari pendapatan Jasa Pelayanan Pendidikan, diikuti re-entry permit Kementerian Hukum dan HAM, kemudian disusul Pendapatan Jasa Kepelabuhan Kementerian Perhubungan.

"Jenis PNBP yang direalisasikan oleh KPKNL Palu terdiri dari 3 klasifikasi, yaitu PNBP Pengelolaan Aset  sebesar Rp9,9 miliar, PNBP Lelang sebesar Rp5,3 miliar, dan PNBP Pengurusan Piutang Negara sebesar Rp21 juta," jelasnya.


Krisdianto menyampaikan bahwa KPKNL Palu pada tahun 2023 akan menjalankan beberapa kebijakan dan isu strategis yang merupakan keberlanjutan kegiatan tahun sebelumnya. Kegiatan-kegiatan tersebut di antaranya adalah pelaksanaan program sertipikasi Barang Milik Negara (BMN) sebagai upaya dalam tertib administrasi, tertib hukum dan tertib fisik dalam pengelolaan BMN, dan program Keringanan Utang atau Crash Program yang merupakan salah satu instrumen pendukung program percepatan pemulihan ekonomi nasional (PEN).


Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Sulawesi Tengah Irfa Amri menyampaikan Ekonomi Sulawesi Tengah (Sulteng) Triwulan IV Tahun 2022 tumbuh impresif sebesar 18,96 persen (year on year). Kinerja ekonomi yang kuat tersebut ditopang oleh tingkat konsumsi domestik yang semakin membaik, pertumbuhan investasi, serta kinerja positif perdagangan internasional Sulteng yang konsisten mencatatkan surplus neraca perdagangan dalam 48 bulan terakhir.


Irfa juga menyampaikan bahwa surplus neraca perdagangan Sulteng pada 2022 mencatatkan sejarah tertingginya. Ekspor Sulteng pada bulan Desember 2022 tercatat sebesar USD1.829,3 juta, naik 57,7 persen dibanding periode yang sama pada tahun 2021. (Teks dan Foto : Angger Dewantara).

 

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini