Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Menkeu: PT SMF Kembangkan Ekosistem Perumahan dan Industri KPR
Nanang Ansari
Rabu, 27 Juli 2022 pukul 17:19:52   |   273 kali

Jakarta - PT Sarana Mutigriya Finansial (Persero) (PT SMF) sebagai Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan memilki tugas untuk mengembangkan pasar pembiayaan sekunder perumahan untuk membantu pemerintah mewujudkan ketersediaan rumah yang layak bagi seluruh lapisan masyarakat. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam acara pelantikan Bonai Subiakto sebagai anggota Direksi PT SMF pada Rabu (27/7) di Aula Mezzanine Gedung Juanda I Kementerian Keuangan.

 

Dalam arahannya, Menkeu menjelaskan bahwa industri perumahan merupakan salah satu industri yang memiliki perananan yang sangat penting dalam perekonomian. “Tentu karena mereka memiliki kemampuan menciptakan multiplier effect. Oleh karena itu pemerintah dalam mencapai tujuan untuk menyediakan papan yang baik bagi masyarakat Indonesia terutama bagi yang berpendapatan rendah, membuat berbagai macam instrumen atau fiscal tools dalam rangka mendorong kemampuan masyarakat berpendapatan rendah (MBR) mendapatkan perumahan”, ungkapnya.

 

Oleh karena itu, lanjut Menkeu, peran PT SMF sebagai fiscal tools pemerintah menjadi penting. Untuk membangun sektor perumahan dengan kemampuan daya beli masyarakat untuk bisa membeli rumah yang memakan income cukup besar, dibutuhkan sebuah ekosistem yang sangat penting.

 

Sejak tahun 2020, PT SMF dengan Perpres No.100 tahun 2020, diberikan perluasan mandat agar dapat makin melakukan inovasi dan diversifikasi produk pembiayaan dalam rangka mendukung tujuan menyediakan perumahan bagi masyarakat, mendukung proses bisnis perusahaan, dan terutama tujuan pemerintah untuk mencapai target-target pembangunan. “Saya berharap agar penugasan ini akan terus dikembangkan secara terukur dan dapat dimonitor kemajuannya” harap Menkeu.

 

Menkeu juga meminta kepada para Direksi PT SMV dan seluruh SMV Kemenkeu di tengah pemulihan ekonomi nasional dan di tengah gejolak ekonomi global, agar memahami volatilitas dan gejolak yang sekarang berjalan. “Kedua, merespon dan mengantisipasi, menjaga perusahaan agar tidak salah langkah dalam situasi yang tidak biasa ini, dan melindungi neraca keuangan dan perusahaan. Ketiga, tetap maksimal mencapai kinerja dan target-target yang ditetapkan”, tambahnya.

 

Di usianya yang ke-17, PT SMF diharapkan mampu mengembangkan dan mendukung ekosistem perumahan dan industri KPR. Sinergi antara direksi, dengan seluruh jajarannya,  serta dengan SMV lainnya agar tercipta kolaborasi yang baik dan memberikan dampak pembangunan yang makin dirasakan oleh masyarakat.

 

Dalam situasi seperti ini, bekerja dengan profesional, kompeten, integritas, dan sinergi menjadi makin penting. “Terima kasih atas seluruh dedikasi Anda semuanya. Selamat bekerja dan selamat mengukir prestasi. Itu adalah salah satu bentuk Anda untuk mencintai Indonesia. Jangan pernah lelah mencintai Indonesia, berikan yang terbaik”, tutup Menkeu. (abh-alf)
Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini