Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Peringati 114 Tahun Lelang Indonesia, DJKN Gelar Gebyar Lelang UMKM
Nanang Ansari
Kamis, 24 Maret 2022 pukul 15:52:34   |   439 kali

Jakarta, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan menggelar lelang produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang dilakukan secara serentak oleh unit vertikal DJKN yakni Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Acara bertajuk Gebyar Lelang UMKM 2022 yang dirangkaikan dengan Pencanangan Kompetisi dan Inovasi (KEDAI) Lelang UMKM 2022 ini digelar pada Kamis (24/3) secara hybrid dan merupakan puncak rangkaian acara dalam momentum 114 Tahun Lelang Indonesia.


Direktur Lelang DJKN Joko Prihanto  dalam laporannya menyampaikan kegiatan Gebyar Lelang dan KEDAI Lelang UMKM ini terlaksana berkat dukungan dan sinergi dengan para Pembina UMKM dari Himpunan Bank Milik Negara (Bank Himbara: BRI, BNI, Bank Mandiri, dan BTN), serta Bank Central Asia, Bank Syariah Indonesia, Pusat Investasi Pemerintah, Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia, Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, juga dari unit/lembaga lainnya baik di tingkat pusat maupun daerah.


Kegiatan 114 Tahun Lelang Indonesia ini mengambil tema sejalan dengan kegiatan Presidensi G20 yakni “Dengan semangat 114 tahun lelang di Indonesia, mari bersama kita dorong pemulihan dan penguatan ekonomi Indonesia” dengan slogan “Pulih dan Bangkit Bersama Lelang Indonesia”.


Pelaksanaan Lelang Produk UMKM ini, menurut Joko Prihanto, di dalamnya terdapat beberapa kemudahan/fleksibilitas yang diberikan.  Kemudahan dan fleksibilitas dimaksud, antara lain extended auction, lelang tanpa uang jaminan, adanya fitur khusus produk UMKM pada lelang.go.id¸ serta tersedianya template formulir-formulir serta tutorial audio visual terkait pengajuan permohonan lelang sehingga memudahkan para Pelaku UMKM untuk mengajukan permohonan lelangnya.


Sementara itu, Dirjen KN Rionald Silaban dalam kesempatan yang sama, menyebutkan bahwa portal lelang.go.id adalah salah satu manifestasi visi dan misi DJKN. “Portal lelang.go.id adalah sebuah layanan one stop service berbasiskan teknologi informasi”, jelasnya. Lebih lanjut, ia katakan, bahwa portal lelang.go.id sudah sejalan dengan agenda Presidensi G20 Indonesia; yaitu mendorong produktivitas, mendukung ekonomi, keuangan inklusif dan meningkatkan akses, serta mengoptimalkan jangkauan pemasaran produk UMKM melalui pemanfaatan teknologi.


Dirjen KN menyampaikan juga arahan Presiden Republik Indonesia, bahwa program pemberdayaan UMKM perlu dilakukan secara terarah dan terkoordinasi. Sinergi dan kontribusi aktif  seluruh elemen pemerintah menjadi kunci keberhasilan dalam mendukung UMKM dan meningkatkan perekonomian daerah”, ungkapnya. Rionald menambahkan, dengan bernafaskan sinergi dan kontribusi bersama itulah, Joint Program Pemberdayaan UMKM Kementerian Keuangan diselenggarakan, dimana salah satu wujud nyatanya adalah Kegiatan Gebyar Lelang UMKM dan KEDAI Lelang UMKM.


Lebih lanjut, Rionald menaruh harapan dari berbagai warna kemeriahan 114 Tahun Lelang Indonesia. Semoga seluruh Insan Lelang Indonesia dapat mendulang wawasan pengetahuan dari demi mendukung kinerja layanan lelang, serta turut membantu pelaku UMKM untuk bangkit dari dampak pandemi Covid-19. (nng)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini