Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
DJKN Aceh Awards, Kolaborasi Pengelolaan Aset, Menuju Indonesia Maju
Rachmadi
Selasa, 25 Januari 2022 pukul 16:07:11   |   237 kali

Banda Aceh – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Aceh menyelenggarakan acara DJKN Aceh Awards dengan mengusung tema Kolaborasi Pengelolaan Aset Menuju Indonesia Maju pada Selasa, (25/1). Acara diselenggarakan secara hybrid dimana penerima award hadir secara langsung di GKN Banda Aceh tetap menerapkan protokol kesehatan 5M dan hadirin yang lain secara virtual melalui zoom meetings serta kanal YouTube Kanwil DJKN Aceh.


Direktur Jenderal Kekayaan Negara Rionald Silaban mengatakan bahwa pengelolaan aset negara di wilayah kerja Kanwil DJKN Aceh dari tahun ke tahun menunjukkan perkembangan yang sangat baik, mulai dari sisi pengamanan, penggunaan, optimalisasi pemanfaatan maupun maksimalisasi hasil pemindahtanganan.


Dari sisi pengamanan aset di tahun 2021, lanjutnya, Kanwil DJKN Aceh dapat mensertifikatkan BMN berupa tanah sebanyak 1.845 rekomendasi bidang tanah. Capaian ini sangat strategis dalam memberikan kejelasan hukum status kepemilikan aset negara.

“Dari sisi optimalisasi pendapatan bagi negara, Kanwil DJKN Aceh mencatat kontribusi PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak-red) aset sebesar Rp19,67 miliar atau lebih tinggi 9 persen dari capaian tahun sebelumya. Ini sangat menggembirakan mengingat tantangan yang dihadapi tidak mudah karena kondisi pandemi yang menghantam negeri di awal tahun 2020 belum juga berakhir,” ujar Rionald.


Sebelumnya, acara dibuka oleh Kepala Kanwil DJKN Aceh Syukriah HG, yang menyampaikan bahwa sebagai bentuk apresiasi kepada para stakeholder atas capaian yang diraih serta sinergi yang telah terjalin dengan baik selama tahun 2021 maka Kanwil DJKN Aceh menyelenggarakan DJKN Aceh Awards, sebagai bentuk apresiasi kepada satuan kerja, pemerintah daerah, perbankan, serta pegadaian di wilayah Propinsi Aceh. “Semoga kerja sama dan sinergi yang telah terjalin baik ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan ditahun 2022 serta ditahun-tahun selanjutnya,” kata Syukriah.


Acara yang dibawakan oleh dua orang MC yaitu Pandaraman Lumbantoruan dan Vera Intan Karlina itu berlangsung meriah dengan kedatangan para stakeholder wilayah Aceh diantaranya Sekda Provinsi Aceh, Kepala Kanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) Aceh, Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Sekretaris Mahkamah Syariah Aceh, Sekretaris Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Aceh, Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Aceh, Deputi Komersil Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS), Asisten Intel Kajati, Kepala Kejari Lhokseumawe, Sekda Kabupaten Aceh Barat, serta pimpinan dan perwakilan dari instansi pemerintah, perbankan, dan pegadaian penerima penghargaan sesuai dengan kategori yang telah ditentukan.


Acara inti adalah disampaikannya sebanyak 47 awards, terdiri dari dari 18 awards dari Kanwil DJKN Aceh, 13 awards dari KPKNL Banda Aceh, serta 16 awards dari KPKNL Lhokseumawe. Awards yang diberikan terkait sinergi di Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara, Piutang Negara, maupun Lelang. Narasi/Foto: Tim Publikasi Kanwil DJKN Aceh

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini