Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
Berita DJKN

RUPS PT Karabha Digdaya, Dirjen KN: Optimalisasi Merupakan Motivasi dalam Pengelolaan Aset

Jum'at, 18 Desember 2020 pukul 10:56:25   |   117 kali

Jakarta – PT Karabha Digdaya melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa untuk menyetujui dan mengesahkan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) Tahun 2021 serta Kontrak Kinerja Direksi dan Dewan Komisaris Tahun 2021. Dalam rapat yang digelar pada Jumat (18/12) secara daring zoom.us tersebut, Direktur Jenderal Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata selaku kuasa pemegang saham mendorong perseroan untuk mengkaji kembali apakah ada potensi peningkatan nilai atas perjanjian yang telah dibuat dengan mitra. “Motivasi kita dalam mengelola aset adalah harus tetap mengupayakan optimalisasi,” ujarnya.


Isa menegaskan bahwa perlu dilakukan kajian secara serius untuk meninjau kemungkinan terdapatnya kesempatan meningkatkan bagian atau share atas perjanjian yang akan dilaksanakan di tahun 2021. Ia juga mengharapkan pihak direksi mengubah haluan perseroan, yang dulu berfokus pada pengamanan aset dan membuat fondasi entitas bisnis, kini mulai berpikir lebih progresif dari sisi bisnis dan komersial untuk optimal mencetak laba. “Mudah-mudahan dengan begitu kita akan bisa memberikan dedikasi kita kepada APBN,” sambungnya.


Dalam kesempatan tersebut, Isa juga mendorong perseroan untuk menyempurnakan tata kelola perusahaannya. Ia menilai bahwa sudah saatnya perseroan mencari pemegang saham baru untuk menjadi mitra strategis pemerintah, bisa salah satunya adalah special mission vehicle (SMV) Kementerian Keuangan. “Jadi, kita jadikan ini sebagai suatu inisiatif strategis untuk menata governance guna memenuhi ketentuan UU Perseroan sekaligus mulai menata masa depan perseroan,” tambahnya.


Sebagai informasi, PT Karabha Digdaya merupakan perusahaan dari aset eks. BPPN yang sahamnya dipegang 100% oleh Kementerian Keuangan c.q. DJKN.  Perusahaan ini bergerak di bidang golf melalui Emeralda Golf Club Cimanggis Depok dan di bidang estat melalui Cimanggis Golf Estate.


Sebelumnya, Presiden Direktur PT Karabha Digdaya Arif Wiryawan memaparkan kinerja perseroan di tahun 2020 yang dapat dijaga dalam kondisi relatif baik meskipun terdampak pandemi Covid-19. Perseroan sempat menutup operasional perusahaan sehingga pendapatan berkurang drastis. “Dalam kondisi saat itu dan uncertainty yang ada, kami menetapkan kebijakan untuk mempertahankan ketahanan cashflow dengan melakukan cost efficiency yang sangat ketat dan tetap berupaya mencari terobosan agar perseroan dapat bergeliat kembali,” ungkapnya.


Upaya perseroan melaksanakan strategi dynamic pricing, renovasi fasilitas penunjang oleh mitra, dan penguatan persepsi bahwa golf adalah olahraga yang sehat di tempat terbuka, memberikan hasil di luar ekspektasi. Bisnis golf tumbuh secara anomali dan menyumbang hingga 99% pendapatan perseroan. Sedangkan estat, lanjut Arif, walaupun akan memperoleh bagi hasil kemitraan dari penjualan unit properti sebesar kurang lebih Rp11 miliar, pendapatan tersebut belum dapat diakui tahun ini karena belum dilaksanakan serah terima unit properti. “Perseroan diproyeksikan mencatatkan laba usaha sebelum penyesuaian akun dan bagi hasil golf sebesar 10,5 miliar yang lebih tinggi dari tahun 2020 sebesar 8,5 miliar,” jelas Arif.

RUPS yang dipimpin oleh Presiden Komisaris Perseroan Bambang Karuliawasto ini ditutup dengan keputusan, pertama menyetujui dan mengesahkan RKAP tahun 2021, serta kedua menyesuaikan kontrak kinerja direksi dan dewan komisaris berdasarkan usulan kuasa pemegang saham untuk ditetapkan secara sekuler pada Januari tahun 2021. (lia/humasDJKN)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |