Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Sri Mulyani Tetap Menkeu
N/a
Senin, 13 Juli 2009 pukul 15:46:32   |   883 kali

Jakarta (detikFinance, Senin, 13/07/2009 08:55 WIB)- Sri Mulyani hampir bisa dipastikan akan tetap menempati posisi Menteri Keuangan. Wacana menempatkan perempuan kelahiran Semarang itu menjadi Gubernur Bank Indonesia, pupus sudah.

Sumber detikcom di Istana, Senin (13/7/2009) mengungkapkan, dalam kabinet barunya nanti, SBY sudah menyatakan secara langsung kepada Sri Mulyani, bahwa dia akan tetap dipertahankan di kabinet. Posisi yang dipercayakan kepada Sri Mulyani adalah tetap Menteri Keuangan.

Pada awalnya, Sri Mulyani memang diplot untuk berkantor di Kebon Sirih, menggantikan Boediono sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI). Sejak Boediono menjadi cawapres, kursi Gubernur BI hingga sekarang masih kosong.

"Sri Mulyani sebenarnya sudah menyatakan kesediaannya untuk dicalonkan menjadi Gubernur BI. Kesediaannya itu disampaikan secara langsung kepada Presiden SBY," jelas sumber di Istana itu.

Namun demikian, masih menurut sumber tersebut, SBY kemudian memiliki pertimbangan lain. Mengingat tantangan 5 tahun ke depan adalah difokuskan pada pertumbuhan ekonomi, maka SBY hampir bisa dipastikan akan mempercayakan pos Menteri Keuangan tetap di tangan Sri Mulyani.

SBY menilai, Sri Mulyani adalah sosok pekerja keras, rajin, pantang menyerah, bekerja sepenuh hati untuk bangsa dan negara. "Sri Mulyani itu tidak neko-neko orangnya," kata sumber itu mengutip penilaian SBY.

Lantas siapa yang bakal dijagokan menjadi Gubernur Bank Indonesia? "SBY sedang mempertimbangkan sejumlah nama. Dari sejumlah nama itu kandidat terkuatnya Darmin Nasution," kata sumber tersebut.

Darmin adalah Dirjen Pajak yang telah terpilih sebagai Deputi Gubernur Senior BI. Darmin menggantikan Miranda Gultom yang memasuki pensiun per 27 Juli 2009.

Budiono Darsono (bdi/lih)

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini