Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
Berita DJKN

Fisio Bareng Novi Dije: Produktivitas Meningkat Tanpa Cidera Selama WFH

Kamis, 28 Mei 2020 pukul 18:13:20   |   143 kali

Jakarta - Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) menyelenggarakan web seminar (webinar) kesehatan dengan tema Basic Stretching untuk Atasi Cidera Kerja Di Mana Aja pada Kamis (28/05). Kepala Bagian Kepegawaian DJKN Rustanto mengatakan bahwa seminar ini merupakan upaya Sekretariat DJKN untuk memberikan pengetahuan terkait kesehatan kepada para pegawai yang tengah menerapkan work from home (WFH). “Ini yg menjadi konsern kita (untuk mendorong –red) peningkatan produktivitas kerja,” ujarnya dihadapan 100 peserta seminar secara virtual.

Seperti diketahui, ujarnya, DJKN telah menerapkan bekerja dari rumah atau WFH selama pandemi corona virus disease 2019 (Covid-19). “Menurut survey yang dilakukan di lingkungan DJKN pada tanggal 14-15 April 2020, terdapat sekitar 53% yang menerapkan WFH secara luas, dimana 75%-100% di tiap unitnya pegawai dijadwalkan untuk WFH,” ungkapnya. Atas dasar survey itulah DJKN mengadakan seminar ini.

Sejak dilangsungkan WFH, Kepala Subbagian Inventarisasi dan Penghapusan Herry Kusyanto menyebutkan bahwa para pegawai membawa pekerjaan dari kantor ke rumah, dimana fasilitas yang ada di rumah tentu saja berbeda dengan yang ada di kantor yang sudah di desain untuk kenyamanan bekerja. Selama bekerja di rumah, terkadang muncul keadaan cepat lelah, rasa pegal atau tulang punggung sakit, yang mungkin bisa disebabkan kurangnya pergerakan. “Jadi untuk membahas ini semua, kita hadirkan Novi Dije,” tuturnya.

Bersama narasumber fisioterapis Novi Dije, seminar ini tidak hanya sebatas teori tapi juga langsung dapat dipraktekkan. “Pada hari ini kita lebih akan membahas cidera yg disebabkan repetitive injury,” jelas Novi. Repetitive Injury yang disebutkan dapat disebabkan karena terlalu banyak duduk,  terlalu lama menggunakan mouse maupun memegang handphone, sehingga menyebabkan otot-otot tidak bekerja secara maksimal.

Novi menjelaskan bahwa meskipun WFH, sebisa mungkin kondisi di rumah dapat disiasati seperti keadaan di kantor, seperti tinggi meja atau kursi , posisi laptop/komputer yang sejajar dengan arah pandang mata, dan kaki yang tidak menggantung selama duduk saat bekerja. Hal tersebut dilakukan guna mendapatkan posisi bekerja yang ideal sekaligus mecegah cidera yang mungkin terjadi. Selama paparannya, Novi memberikan bentuk-bentuk peregangan otot dan relaksasi yang dapat dilakukan untuk mengobati cidera yang dapat diderita saat WFH mulai dari kepala sampai ujung kaki.

Tidak hanya paparan, Novi juga menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul selama sesi berlangsung. Para pegawai yang mengikuti seksi ini pun menunjukkan antusias dengan mengajukan berbagai pertanyaan yang beragam. (rk/es)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |