Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Wamenkeu Minta DJKN Bersiap Kelola Aset IKN di Kaltim
Bend Abidin Santosa
Rabu, 12 Februari 2020 pukul 13:17:00   |   3244 kali

Balikpapan – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) harus bersiap-siap untuk mengelola aset negara secara profesional dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) yang rencananya akan dibangun di Kalimantan Timur. Aset IKN ini ketika dibangun pasti menciptakan Barang milik Negara (BMN) baru, bentuknya bisa lahan, konstruksi dan lain-lain dan semuanya adalah aset negara. ”DJKN perlu siap-siap mengelola aset yang besar ini. Jangan dianggap remeh. Semua harus dikelola secara profesional,” ujar Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara saat memimpin rapat kerja Kementerian Keuangan khusus Wilayah Kalimantan Timur dan Utara pada Selasa, (11/2) di Balikpapan, Kalimantan Timur.


Raker ini juga dihadiri oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata, Direktur Barang Milik Negara Encep Sudarwan, Direktur Utama Lembaga Manajemen Aset Negara Rahayu Puspasari, Kepala Kanwil DJKN Kaltimtara Surya Hadi, Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Kaltim, Kepala Kanwil  Direktorat Jenderal Perbendaharaan, dan Kepala Kanwil Direktorat Bea dan Cukai Wilayah Kalimantan Timur dan Utara.


Wamenkeu juga berpesan agar tim Kemenkeu, khususnya Kanwil Kaltim mampu mendukung pembangunan calon IKN dan menganalisis potensi kegiatan ekonomi baru.

Melalui pembangunan konstruksi secara masif, lanjutnya, rencana pemindahan IKN juga diharapkan dapat membuka investasi infrastruktur, menciptakan lapangan kerja yang besar, serta meningkatkan konsumsi dan output lintas sektor.

Senada dengan Wamen, Dirjen Kekayaan Negara mengatakan penciptaan aset IKN akan dilakukan melalui berbagai cara. Selain itu, banyak investor luar negeri juga menyatakan tertarik untuk ikut membangun ibukota. “Kita harus siap dengan segala sesuatu yang terkait dengan penciptaan aset ini. Saya yakin DJKN mampu mengelola secara profesional,” ungkapnya, (BAS/Nanang-Humas DJKN)

 

 

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini