Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Pelantikan Ketua Dewan Direktur Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)
N/a
Kamis, 07 Januari 2010 pukul 14:39:22   |   863 kali

Menteri Keuangan RI Sri  Mulyani Indrawati hari Rabu kemarin (6/10) di Ruang Mezzanine Gedung Djuanda I melantik  I Made Gde Erata sebagai Ketua Dewan Direktur Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) menggantikan  Mahendra Siregar  yang akan menjadi Wakil Menteri Perdagangan RI. Selain pelantikan juga dilangsungkan serah terima jabatan tersebut.

Dalam sambutannya, Menteri Keuangan menyampaikan bahwa sebenarnya Mahendra Siregar adalah kandidat yang tepat untuk menjabat posisi ini. Namun sejak menjabat sebagai Wakil Menteri Perdagangan, beliau lebih memilih untuk mengundurkan diri. “Mahendra itu Saya anggap kandidat yang tepat. Saya sedih Mahendra diangkat jadi Wakil Menteri Perdagangan. Tapi apa mau dikata manusia berencana Tuhan yang menentukan” kata Menteri Keuangan.

  

Menteri Keuangan mengatakan bahwa tahun 2010 LPEI merencanakan beberapa progam. Program yang paling penting adalah effisiensi, sehingga dapat menekan cost of borrowing yang average-nya 9%. Selain itu, juga melakukan ekspansi kredit yang tahun ini average-nya lebih besar dari bank umum.

Menteri Keuangan juga berharap LPEI sebagai salah satu elemen yang ada  dapat dipergunakan untuk menaikkan daya saing, sehingga  dapat memperbaiki penetrasi market di negara-negara Asia seperti Cina.

Terakhir Menteri Keuangan berpesan kepada LPEI untuk melakukan hal-hal sebagai berikut :

1.    Bekerjasama dengan lembaga lain dalam mencari pasar baru dan memahami selera pasar.

2.    Menjadi institusi Technical Assistant yang harus berkualitas

3.    Mendorong  munculnya Industri kreatif dan

4.    Mendukung program pemerintah untuk meningkatkan ekspor 10 produk utama, 10 produk potensial dan 3 produk jasa.

Pada kesempatan tersebut Menteri Keuangan, juga sempat mengutip kata-kata anggota Dewan Direktur LPEI sekaligus Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Hadiyanto, ” Kita harus bisa regenerize atau melahirkan diri sendiri sehingga menjadi makhluk yang berbeda.

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini