Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
KPKNL Palopo Sosialisasikan Pengelolaan BMN kepada KPU Se-Sulawesi Barat
N/a
Jum'at, 21 Desember 2012 pukul 08:48:37   |   717 kali

Mamuju – Dengan  tema “Bimtek Pengelolaan Barang Milik Negara KPU Provinsi dan KPU Kabupaten Se-Sulawesi Barat Tahun 2012”, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Barat mengadakan sosialisasi tentang Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) dan Sistem Informasi Manajemen Akuntansi (SIMAK) BMN dengan menghadirkan narasumber dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palopo. Acara sosialisasi dilaksanakan pada 1 sampai dengan 2 Desember 2012 bertempat di Kenari Ballroom Hotel D’Maleo Mamuju. Acara dihadiri oleh seluruh operator SIMAK dan Sistem Akuntansi Kuasa Pengguna Anggaran (SAKPA) Satuan Kerja KPU di wilayah KPU Provinsi Sulawesi Barat. 


Acara dibuka  oleh Supriadi, Sekretaris KPU Provinsi Sulawesi Barat. Dalam sambutannya Supriadi mengungkapkan bahwa pengelolaan BMN merupakan salah satu cara untuk dapat meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP), sehingga diharapkan seluruh satuan kerja di lingkungan KPU Provinsi Sulawesi Barat dapat senantiasa menjaga akuntabilitas,  sehingga tercipta laporan BMN yang dapat dipertanggungjawabkan.


Pada sesi hari pertama, materi yang disosialisasikan adalah aplikasi SIMAK yang dibawakan oleh Cahyo Pambudi dari KPKNL Palopo. Dalam materinya Cahyo melakukan penyegaran kembali tentang aplikasi SIMAK kepada seluruh operator SIMAK yang hadir.

     

Di sesi hari kedua Fadli dari KPKNL Palopo membawakan sosialisasi tentang pengelolaan BMN. Dalam kesempatan ini Fadli menyampaikan materi mengenai Peraturan Menteri Keuangan Nomor PMK 96 Tahun 2007 Cukup banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh para peserta berkaitan dengan pengelolaan BMN, antara lain penghapusan  dan penetapan status BMN. Tindak lanjut untuk BMN yang rusak berat, hilang, dan force majeur menjadi topik terhangat dalam diskusi tanya jawab dalam sesi ini.


Selain materi tentang aplikasi SIMAK dan pengelolaan BMN tak lupa pula narasumber KPKNL Palopo menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan persiapan rekonsiliasi BMN Semester II Tahun 2012 yang akan dilaksanakan Januari 2013. (Fadli – KPKNL Palopo)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini