Berita DJKN

Kunjungi DJKN, Mahasiswa Komunikasi UNS Pelajari Humas Pemerintah

Kamis, 17 Oktober 2019 pukul 16:51:25   |   401 kali

Jakarta - Sebanyak 28 mahasiswa Diploma III Humas Terapan Universitas Sebelas Maret mengunjungi Kantor Pusat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) untuk belajar mengenai humas pemerintah pada Kamis (17/10). Selain untuk mempelajari humas pemerintah, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperdalam pengetahuan mahasiswa mengenai DJKN sebagai salah satu eselon satu di Kementerian Keuangan.

Dalam sambutannya, Direktur Hukum dan Hubungan Masyarakat Tri Wahyuningsih Retno Mulyani mengatakan bahwa dalam institusi pemerintah, fungsi humas harus dapat mengedukasi, membangun citra institusi, dan memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat, kementerian/lembaga, dan media massa. “Jangan hanya sekedar membuat berita yang dibaca, tetapi juga yang mampu mengedukasi masyarakat,” pungkasnya.

Pada kegiatan ini, Kepala Seksi Komunikasi Publik Direktorat Hubungan Masyarakat DJKN Bend Abidin Santosa memaparkan materi mengenai humas pemerintah. Ia menjelaskan bahwa tujuan humas pemerintah adalah untuk menjembatani kebijakan-kebijakan yang dibuat pemerintah agar dapat diterima masyarakat dan membentuk citra atau reputasi positif pemerintah di mata masyarakat. Lebih lanjut, Bend juga menjelaskan lebih detail mengenai hubungan eksternal humas pemerintah. “Hubungan eksternal tersebut bisa ke kampus, masyarakat umum, kementerian lembaga, dan media massa. Khusus untuk hubungan dengan media massa, DJKN sudah melakukannya melalui  media briefing yang rutin dilakukan tiap dua minggu sekali dengan wartawan,” jelas Bend.

Mengakhiri materinya, Bend mengingatkan kepada para mahasiswa bahwa humas harus bertindak dinamis dalam menciptakan sesuatu dengan mengikuti perkembangan zaman. Ia menyebutnya sebagai ‘Riding the wave’. Dalam mengikuti perkembangan zaman tersebut, humas harus cerdik  dan kreatif dalam mengambil momen yang pas yang dapat digunakan untuk memikat minat masyarakat. “Humas itu harus kreatif mengambil peluang,” pungkasnya. (Faza-rika- Humas)

 

 

Foto Terkait Berita