Berita DJKN

“Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pembelian Lelang Melalui Kredit Lelang/ KPR Solusi”

Selasa, 23 Juli 2019 pukul 17:49:58   |   401 kali


Surabaya—Kantor Wilayah DJKN Jawa Timur melakukan sinergi dengan stake holder utama Kantor Wilayah PT. BRI (Persero) Tbk. Surabaya dalam acara Obrolan Lelang di Stasiun TVRI Jawa Timur pada hari Selasa tanggal 23 Juli 2019 jam 16.00 sampai dengan 17.00 WIB. Obrolan yang bertemakan “Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pembelian Lelang Melalui Kredit Lelang/ KPR Solusi” dihadiri oleh narasumber Andy Pardede Kepala KPKNL Surabaya, Asep Suryadi Kepala KPKNL Malang,  dan Horasman Wapimwil BRI Surabaya.


Acara obrolan lelang ini dilatarbelakangi oleh jangka waktu pelunasan lelang yang hanya diberikan tempo 5 (lima) hari kerja harus dilunasi oleh pemenang lelang. Apabila pemenang lelang melunasi lebih dari 5 (lima) hari kerja maka uang jaminan akan hangus masuk kas negara menjadi penerimaan Negara lain-lain. Kebijakan ini memang untuk menunjukkan keseriusan dari pemenang lelang untuk membeli obyek lelang yang dimenangkannya. Namun disisi yang lain bagi masyarkat yang berminat membeli melalui lelang dengan keterbatasan keuangan, jangka waktu pelunasan 5 (lima) hari kerja merupakan kendala yang harus dicarikan solusinya.


Permasalahan akan kebutuhan keuangan merupakan tugas dan aspek bisnis dari perbankan. Kendala pelunasan lelang dapat  diselesaikan oleh pihak perbankan melalui skema kredit. PT. BRI (Persero) Tbk. memiliki skim kredit yang diberi nama Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Solusi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dalam pembelian lelang. Antusias masyarakat dalam membeli lelang dengan memanfaatkan KPR Solusi juga menguntungkan pihak perbankan dari dua sisi, sisi yang pertama yaitu terselesaikannya recovery kredit dan sisi yang kedua adalah sektor bisnis BRI berupa pemberian kredit kepada masyarakat juga meningkat.


Peminat lelang yang membutuhkan kredit untuk pelunasan lelang dapat mengajukan permohonan kredit terlebih dahulu sebelum  melakukan penawaran. Permohonan ini diajukan sesuai waktu yang ditentukan oleh BRI, dengan waktu survey 2 hari, berikut bunga rendah 8.75% dan bebas biaya provisi. Apabila permohonan tersebut disetujui oleh BRI maka peserta lelang dapat melakukan bidding dengan nilai paling tinggi sebesar pagu kredit, nilai ini dihitung termasuk bea lelang yang harus ditanggung oleh pemenang. Pelunasan akan dilakukan perbankan sebelum jatuh tempo pelunasan 5 (lima) hari kerja berakhir.

Dalam obrolan ini juga ada Dialog interaktif bersama masyarakat yang ingin mengetahui seluk beluk lelang dan KPR Solusi melalui telpon dan aplikasi daring Whatsapp. Tiga orang penanya pertama akan mendapatkan hadiah berupa kartu Brizzi masing masing senilai Rp. 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah). Tak lupa pihak BRI menyisipkan iklan kredit dan Kanwil DJKN menyangkan iklan prosedur eAuction. Hal ini pertama kali di Indonesia Iklan layanan masyarakan dari DJKN tayang melalui media televisi.

Informasi Kanwil Jatim


Foto Terkait Berita