Berita DJKN

Kunjungi KPKNL Surakarta, Dirjen Kekayaan Negara: Mutasi Merupakan Kebijakan yang Universal

Selasa, 28 Mei 2019 pukul 09:00:26   |   350 kali

Surakarta – Direktur Jenderal Kekayaan Negara mengapresiasi capaian dan prestasi yang telah dicapai KPKNL Surakarta. Selain itu, ia juga menyampaikan agar dalam bekerja tidak hanya terpaku atau berkutat pada satu seksinya sendiri-sendiri. Hal ini disampaikannya saat melakukan kunjungan kerja pada Rabu, (22/5) ke KPKNL Surakarta.


Dalam kunjungan kerja kali ini, ia didampingi oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Dodi Iskandar, dan Kepala Bagian Umum Kantor Pusat DJKN. Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Kepala Kantor Wilayah DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta Tavianto Noegroho.

Dengan adanya perubahan tata ruang kantor sesuai konsep open space diharapkan pula bisa mengimplementasikan co-working space. “Perubahan tidak hanya sekedar membuka sekat atau pembatas antar seksi/ruangan, namun juga perubahan dalam sistem bekerja dan mindset pegawai. Kerja kolaboratif antar seksi menjadi keniscayaan yang harus dilakukan demi meningkatkan kinerja kantor menjadi lebih baik, “ujarnya menanggapai paparan kepala KPKNL dan para kepala seksi.


Berkaitan dengan mutasi, Direktur Jenderal menyampaikan bahwa mutasi dilaksanakan oleh pimpinan DJKN dengan pertimbangan komprehensif serta adil bagi seluruh pegawai. Hak-hak pegawai termasuk kondisi psikologis pegawai menjadi pertimbangan yang penting dalam pelaksanaan mutasi. Ia menambahkan bahwa saat ini tidak akan lagi pegawai yang menetap sekian lama pada satu unit. “Mutasi merupakan kebijakan yang universal,” ujarnya.


Selain itu dengan adanya jenjang  karir yang jelas dan transparan membuka kesempatan bagi pegawai untuk meraih karir terbaiknya. Isa mengharapkan, para pegawai yang sudah memenuhi syarat jabatan minimal, tidak perlu takut untuk mengambil peluang, baik sebagai pejabat struktural maupun pejabat fungsional. "Sekarang pilihannya adalah mutasi ke luar sebagai pelaksana, atau mutasi dengan jabatan/posisi yang lebih tinggi," jelasnya.


Menjelang maghrib, pengarahan dihentikan dan dilanjutkan buka puasa bersama seluruh jajaran pegawai KPKNL Surakarta. Acara yang dilaksanakan di halaman belakang KPKNL Surakarta, berlangsung dalam suasana akrab dan penuh kehangatan. Selesai buka puasa, Direktur Jenderal Kekayaan Negara berkenan untuk menunaikan shalat maghrib berjamaah bersama dengan para pegawai KPKNL Surakarta, dilanjutkan sholat isya dan tarawih berjamaah di aula KPKNL Surakarta.


Sebelumnya, Kepala KPKNL Surakarta Andi Soegiri menyampaikan bahwa KPKNL Surakarta merasa bangga, Direktur Jenderal Kekayaan Negara berkenan melakukan kunjungan kerja di KPKNL Surakarta. Ia menyampaikan profil KPKNL Surakarta serta memperkenalkan para pejabat eselon IV KPKNL Surakarta. Andi memberi kesempatan masing masing kepala seksi dan kasubbag umum menyampaikan presentasi terkait tugas dan fungsi  dan kinerja masing masing beserta hambatan / kendala yang dialami.


Usai tarawih, pengarahan dan diskusi para pegawai bersama Direktur Jenderal Kekayaan Negara kembali dilanjutkan. Bertempat di ruang tengah KPKNL Surakarta, diskusi berlangsung dalam suasana santai sambil lesehan menikmati kudapan ringan dan minuman hangat. Para pegawai tampak antusias dan beberapa diantaranya menyampaikan unek-unek dan pertanyaan-pertanyaan kepada orang nomor satu di jajaran DJKN tersebut. Topik seputar penilaian dan juga kebijakan DJKN dalam hal PUG menjadi topik hangat dalam acara malam itu. Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Sekretaris DJKN dan Kepala Kanwil DJKN Jateng dan DIY bergantian menanggapi antusiasme pertanyaan dan sharing dari para pegawai KPKNL Surakarta.


Esok harinya, Direktur Jenderal Kekayaan Negara memiliki agenda yang penting lainnya yaitu kunjungan kerja dan peninjauan BMN di Terminal Tirtonadi Surakarta serta rumah dinas KPKNL Surakarta. Menutup diskusi dan pengarahannya,  Direktur Jenderal Kekayaan Negara berpesan kepada seluruh pegawai agar selalu bekerja dengan baik, meningkatkan motivasi dan kinerja demi tercapai “goal” bersama.

 

 

 

 

 

Foto Terkait Berita