Berita DJKN

"Belungguk Besamo" Dirjen Kekayaan Negara, Tumbuhkan Jiwa Entrepreneur dalam Mengelola Aset

Jum'at, 17 Mei 2019 pukul 20:50:56   |   369 kali

Bengkulu – “Kita itu harus menumbuhkan jiwa entrepreneur yang tinggi. Jiwa bisnis sangat diperlukan dalam mengelola aset dan terus berusaha agar aset dapat menghasilkan pendapatan bagi negara yang tentunya kegiatan tersebut tidak keluar jalur dari tugas dan fungsi sebagai asset manager,” ujar Direktur Jenderal Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata saat melakukan kunjungan kerja ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bengkulu pada Kamis, (16/5).


Dalam kunker yang didampingi Sekretaris DJKN Dodi Iskandar ini, Dirjen Kekayaan Negara mengatakan bahwa seluruh jajaran DJKN harus mewaspadai terhadap sikap diri sendiri pada kesatuan dan persatuan, dan tidak membuat goyah dengan memiliki landasan yang penuh dengan kecurigaan dan ketidakjujuran. “Saya ingin mengajak untuk melakukan perubahan, perubahan ini mungkin belum dirumuskan secara jelas tetapi yang jelas kita ingin menjadi aset manager yang aktif,” ujarnya.


Dalam arahan Dirjen Kekayaan Negara dengan tema “Belungguk Besamo Dirjen Kekayaan Negara”, ia menyampaikan sebagai aset manager, DJKN tidak sekedar membuat daftar aset atau mengadministrasikan aset tetapi juga harus mengawasi aset yang dimiliki harus digunakan secara optimal. “Kita tidak boleh membiarkan ada space yang tidak digunakan pada aset, hal inilah menjadi tantangan tersendiri bagi kita semua,” ungkapnya.


Kunjungan Dirjen Kekayaan Negara ini merupakan kunjungan pertama selama 28 tahun berdirinya KPKNL Bengkulu dan disambut oleh Kepala Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu Ekka S. Sukadana dan Kepala KPKNL Bengkulu Sri Yuwono Hari Sarjito. Kedatangannya pada Kamis sore diawali dengan kegiatan buka bersama dengan jajaran pejabat Kementerian Keuangan Provinsi Bengkulu yang ada di Kota Bengkulu dengan hidangan spesial makanan khas Bengkulu yaitu pendap dan lokan dan dilanjutkan dengan sholat tarawih berjamaah. Buka bersama ini sebagai bentuk silaturahmi antar pegawai KPKNL Bengkulu beserta keluarga Kementerian Keuangan Provinsi Bengkulu yang ada di Kota Bengkulu.


Keesokan harinya, Dirjen Kekayaan Negara mengunjungi aset dan tempat bersejarah di Kota Bengkulu setelah sebelumnya melakukan sholat subuh berjamaah di Masjid Jamik Bengkulu yang merupakan salah satu masjid bersejarah di Bengkulu karena sosok besar Ir. Soekarno menjadi perancang masjid bersejarah di Bumi Raflesia.


Perjalanan mengunjungi tempat bersejarah yang ada di Kota Bengkulu membuat Isa Rachmatarwata menyampaikan bahwa asset yang ada di Provinsi Bengkulu memiliki potensi yang sangat besar untuk dimanfaatkan. “Maka dari itu, pemanfaatan aset tidak boleh tidur, harus dilakukan optimalisasi dan pemanfaatan aset harus terus ditingkatkan,”pesannya.


Mengakhiri kunjungannya, ia berpesan bahwa KPKNL Bengkulu telah mencatat sejumlah kinerja yang baik. “Tingkatkan terus dengan membuat perencanaan matang, memperkuat sinergi internal, dan menggalang kolaborasi,” pungkasnya.

Sekretaris DJKN Dodi Iskandar pun turut memberikan motivasi agar KPKNL Bengkulu harus terus menjaga semangat kerja. (KPKNL Bengkulu)

 

 

 

Foto Terkait Berita