Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
SMI: Saya Titip Kemenkeu, I Love U Full
N/a
Kamis, 20 Mei 2010 pukul 11:33:01   |   536 kali

Jakarta (kompas.com, Kamis, 20 Mei 2010 | 10:06 WIB) — Tak hanya pesan kebangkitan nasional yang disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Kamis (20/5/2010). Sejumlah pesan ditinggalkannya menjelang detik-detik serah terima jabatan yang akan dilakukan sore nanti. Pesan-pesan itu bertabur sejak memimpin apel terakhirnya untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional hingga keluar dari kompleks Kementerian Koordinator Perekonomian.

Dalam apel itu, Sri Mulyani dengan jelas meninggalkan pesan bagi jajarannya untuk mendukung kinerja menteri penggantinya. "Dukung menteri yang baru. Bantu semaksimal mungkin," tuturnya.

Dia berharap reformasi terus dilanjutkan untuk mencintai bangsa dan negara serta mengisi kebangkitan nasional dengan kerja keras agar Indonesia menjadi negara yang dihormati. Menurut dia, cita-cita persatuan dalam momen kebangkitan nasional yang digoreskan melalui pembentukan Budi Utomo harus diteruskan oleh Kementerian Keuangan. Pekerjaan dalam mempersatukan perbedaan-perbedaan yang ada belum selesai.

"Tantangan berasal dari dalam bukan tidak mungkin dapat memecah-belah persatuan. Oleh karena itu, Kemenkeu sebagai kementerian besar harus menjadi komponen pemersatu bangsa," tambahnya.

Sementara itu, seusai apel, Sri Mulyani yang menyempatkan diri beramah-tamah dengan para pejabat Eselon I dan II ditunggu oleh para pegawainya. Mereka membentuk barisan panjang sambil membawa bunga mawar dan spanduk selamat jalan. Ketika Sri Mulyani keluar, mereka berupaya mendekat, menyalami Sri Mulyani, serta menyerahkan bunga dan tanda mata yang mereka bawa.

Sejumlah pegawai perempuan berteriak histeris memanggil Sri Mulyani agar perempuan yang per 1 Juni akan menjabat sebagai Managing Director World Bank ini menolehkan wajah dan menyalami mereka. Dari pintu masuk gedung Maramis II hingga pintu gerbang Kementerian Koordinator Perekonomian, Sri Mulyani berjalan. Raut terharu tampak jelas di wajahnya dengan momen perpisahan menteri yang sangat berkesan.

"Saya titip Kementerian Keuangan. I love you full. Saya cinta kalian semua," ungkapnya sambil memeluk salah satu pegawai.

Sebelum Sri Mulyani masuk ke dalam mobil, salah satu pegawai bahkan sempat berteriak melontarkan pesannya. Entah mendengar atau tidak, Sri Mulyani segera masuk ke dalam mobilnya. "Ibu, 2014 kembali ke Indonesia jadi presiden ya," seru si pegawai.

Laporan wartawan KOMPAS.com Caroline Damanik

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini