Berita DJKN

Kunjungan Menkeu ke Kanwil DJKN Banten: Jaga amanah, profesionalisme, integritas, loyalitas kepada Negara

Jum'at, 15 Maret 2019 pukul 17:11:30   |   700 kali

Serang – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengunjungi Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Banten untuk berdialog dengan para pegawai perwakilan Kementerian Keuangan di Provinsi Banten pada Jumat, (15/3). Dalam kegiatan yang bertajuk “Ngeriung sareng Ibu Menteri Kementerian Keuangan ning bumi Banten” ini, Menkeu memberikan apresiasi kepada jajaran Perwakilan Kementerian Keuangan Banten atas kinerja positif sepanjang tahun 2018 serta menyampaikan empat hal terkait kondisi keuangan negara. Pertama, bahwa pertumbuhan ekonomi di Indonesia saat ini dalam kondisi luar biasa baik. Pada tahun 2018, realisasi penerimaan negara berhasil mencapai angka 102.3%.

Kedua, Sri Mulyani menyatakan APBN 2018 ditutup dengan capaian belanja hampir 100%, namun ia berharap agar Kementerian Keuangan tidak berpuas diri hanya membelanjakan anggaran, tapi harus terus memastikan belanja tersebut bermanfaat untuk masyarakat dan pembangunan negara agar adil dan makmur.

Ketiga, untuk pertama kalinya dalam sejarah Undang-Undang Keuangan Indonesia, negara tidak melakukan perubahan APBN (APBN-P). Hal ini menunjukkan bahwa tata kelola negara semakin baik dan teratur. Tahun 2018 juga ditutup dengan defisit belanja sebesar 1,76% dari GDP. Angka ini lebih kecil dari perkiraan awal yang sebesar 2,19%. “Kita boleh berbangga namun jangan terlena, kita justru harus semakin giat meningkatkan prestasi dan kinerja kita,” pesan Menkeu.

Terakhir, perekonomian dunia sedang melemah, nilai tukar mata uang menurun dan suku bunga naik hingga 4 kali yang menyebabkan Bank Indonesia terpaksa meningkatkan suku bunga 7 kali (175 BP). Meskipun kondisi perekonomian dunia dengan perang dagang dan penuh ketidakpastian, namun pertumbuhan ekonomi Indonesia mampu meningkat 5.17 %.

Di akhir dialognya, Sri Mulyani berpesan kepada pegawai Kementerian Keuangan untuk menjaga amanah, profesionalisme, dan juga integritas. Selain itu, para pegawai juga diminta untuk senantiasa meningkatkan kompetensi, dedikasi, kewaspadaan, fokus, serta senantiasa loyal kepada Negara Republik Indonesia. Khusus menyinggung tahun 2019 yang erat dengan nuansa politik yang kental, Menkeu menegaskan kepada seluruh jajaran Kementerian Keuangan untuk tidak  mudah termakan isu negatif.

Turut hadir dalam kunjungan kali ini, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan para pejabat Eselon 1 Kementerian Keuangan yakni Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Direktur Jenderal Perbendaharaan, Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan, Staf Ahli Menteri Keuangan, Direktur Jenderal Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata, serta Sekretaris DJKN Dodi Iskandar. (Tim Humas Kanwil DJKN Banten)

 

Foto Terkait Berita