Berita DJKN

Sekretaris DJKN Apresiasi Realisasi Sertifikasi BMN Prov Papua yang Capai 179%

Selasa, 26 Februari 2019 pukul 18:56:00   |   267 kali

Merauke – Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Dodi Iskandar didampingi Direktur Barang Milik Negara (BMN)  Encep Sudarwan memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran Kanwil Papua, Papua Barat dan Maluku atas pencapaian sertifikasi tahun 2018 yang mencapai 179% dengan jumlah bidang tanah 192 dari target 107 bidang tanah BMN Provinsi Papua. Pemberian apresiasi ini dilakukan untuk memberikan apresiasi atas partisipasi aktif Kantor Wilayah ATR/BPN Provinsi Papua (Kanwil BPN Papua) berikut Kantor Pertanahan serta Balai Besar PJN Wilayah XVIII Jayapura berikut Satker PJN pada Kamis, (21/2) di Merauke.


Sebelum dilakukan serah terima piagam apresiasi, acara didahului dengan penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Target 2019 oleh Kepala Kanwil Papabaruku dan Kanwil BPN Papua. Kesepakatan tersebut merupakan hasil rapat Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jayapura, Kepala KPKNL Biak, Kepala Kantah Kab. Jayapura, Kepala Kantah Jayawijaya, Kepala Kantah Kep. Yapen, dan Kepala Kantah Biak Numfor pada pagi harinya sebelum acara malam apresiasi.


Target tahun 2019 tersebut adalah sebanyak 60 bidang tanah BMN yang terdiri dari 20 bidang tanah dari Kab. Jayapura, 20 bidang dari Jayawijaya, 7 bidang dari Biak Numfor, 8 bidang dari Kep. Yapen, 5 dari Nabire.

Memasuki agenda acara apresiasi, didahului dengan penyerahan sertifikat oleh Direktur BMN Encep Sudarwan yang didampingi oleh Kepala Kanwil DJKN Papabaruku kepada sejumlah satker PJN Provinsi Papua. Sedangkan penyerahan piagam penghargaan Direktur Jenderal Kekayaan Negara yang diwakili oleh Sekretaris DJKN Dodi Iskandar yang didampingi oleh Kepala Kanwil BPN Prov. Papua Arius Yambe kepada sejumlah Kantor Pertanahan provinsi Papua.


Sehari Sebelumnya, Sekretaris DDJKN bersama Direktur BMN mengunjungi KPKNL Jayapura dalam rangka kunjungan kerja dan pengarahan kepada pegawai DJKN wilayah Jayapura.

Acara pengarahan berlangsung di ruang rapat KPKNL Jayapura dan dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah DJKN Papua, Papua Barat dan Maluku, A.Y. Dhaniarto, dilanjutkan pengarahan oleh Sekretaris DJKN Dodi Iskandar.


Dalam pengarahannya, Dodi Iskandar menyampaikan bahwa tugas DJKN saat ini bukan hanya sebagai pengelola aset, tetapi DJKN harus menjadi Revenue Center seperti DJP dan DJBC. “Buat apa kita bekerja siang malam tetapi aset kita tidak menghasilkan, lebih baik aset kita yang bekerja siang malam menghasilkan pemasukan bagi negara dan kita bisa bersantai,” imbuhnya.

Selain hal tersebut, pria kelahiran Jakarta juga meninjau ruang kerja KPKNL Jayapura yang mengusung tema open space dan beberapa rumah dinas pegawai/pejabat DJKN.


Direktur BMN Encep Sudarwan dalam arahannya mentitikberatkan pada pengelolaan BMN yang harus dilakukan lebih baik lagi kedepannya, sebab peran BMN yang begitu penting dalam tiga aspek. Pertama, BMN memiliki proporsi yang besar pada neraca keuangan negara, kedua, agar bisa mendapatkan opini audit Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), dan ketiga, BMN dapat menjadi Revenue Center dari Penerimaan Negara Bukan Pajak. (Teks: Hamid, Maulana; Foto: Adit; Editor: Deni)

Foto Terkait Berita