Berita DJKN

Resmikan Kantor Pusat LPEI, Menkeu: Kantor Baru harus Punya Semangat dan Target yang Baru

Rabu, 13 Februari 2019 pukul 17:57:07   |   1013 kali

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meresmikan Kantor Pusat Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (Indonesia Eximbank) dan melakukan penandatanganan prasasti peresmian kantor sebagai tanda simbolis diresmikannya Kantor Pusat LPEI yang baru setelah sebelumnya berkantor di Gedung Bursa Efek Indonesia sekaligus penandatanganan Kontrak Manajemen Tahun 2019 pada Selasa, (12/2) di Gedung Prosperity Tower Kawasan SCBD.


“Apa yang anda lakukan tidak hanya penting bagi anda, tapi penting juga bagi LPEI, bagi Kementerian Keuangan, bagi perekonomian dan penting bagi Republik Indonesia,” pesan Menkeu.

Ia juga berpesan kepada seluruh jajaran LPEI agar fasilitas yang sudah sangat baik ini dapat dijadikan modal awal untuk bekerja fokus, semangat, dan bahagia. Dirinya berharap agar dalam bekerja harus berpikir ambisius, memiliki determinasi yang sangat kuat, dan mengoptimalkan seluruh resources untuk dapat meraih capaian yang melebihi dari  target-target yang telah ditetapkan.


Pesan lain yang tidak kalah penting, adalah sebagai  institusi yang memiliki DNA untuk menjaga eksternal balance/neraca pembayaran yang selalu sehat dan merupakan kepanjangan tangan Pemerintah c.q. Kementerian Keuangan yang didesain untuk mempromosikan dan mendukung ekspor nasional, LPEI harus mampu berpikir bukan hanya sebatas transaksional hilir namun juga berpikir strategis untuk menciptakan dampak pembangunan yang nyata pada umumnya dan membangun ekspor Indonesia pada khususnya.


Menteri Keuangan juga diajak untuk melihat salah satu ruangan kerja di lantai 32 dan melihat display produk ekspor dari beberapa debitur LPEI antara lain produk makanan, sarung, sepatu, kerajinan, hingga pakaian.

Acara ini dihadiri oleh beberapa pejabat Kementerian Keuangan antara lain Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan, Direktur Jenderal Anggaran, Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan, Direktur Jenderal Perbendaharaan, Direktur Jenderal Bea dan Cukai, dan Staf Ahli Bidang Pengeluaran Negara termasuk jajaran direksi dari BUMN dan BLU di bawah Kementerian Keuangan


Di tempat yang sama, dilaksanakan penandatanganan Kontrak Manajemen LPEI Tahun 2019 yang dilakukan oleh Dirjen Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata atas nama Menteri Keuangan dan Ketua Dewan Direktur LPEI beserta seluruh Anggota Dewan Direktur LPEI. Beberapa target menantang yang ditetapkan untuk tahun 2019 antara lain peningkatan kinerja keuangan, penciptaan eksportir baru, dukungan Pembiayaan ke pasar non tradisional, developmental impact dari Pembiayaan yang disalurkan LPEI, pertumbuhan jumlah debitur yang tergolong UKM dan Usaha Menengah Berorientasi Ekspor, pelaksanaan Penugasan Khusus Ekspor, dan pengembangan SDM dan sistem informasi. 


Ketua Dewan Direktur merangkap Direktur Eksekutif LPEI Sinthya Roesly menyampaikan terima kasih atas dukungan seluruh jajaran Kementerian Keuangan selama ini kepada LPEI. Selain itu, mantan Direktur Utama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) tersebut juga menyampaikan harapannya agar gedung baru yang merupakan amanat dan representasi LPEI sebagai pendukung ekspor dapat menambah semangat, kenyamanan dan performa setiap pegawai LPEI dalam mengarungi tantangan berat di tahun 2019 dan seterusnya.


Di akhir acara, seluruh jajaran pegawai LPEI berkesempatan untuk berfoto bersama dengan Menteri Keuangan yang diharapkan bukan hanya sebatas euphoria semata namun juga mampu memberikan motivasi dan kebanggaan betapa pedulinya Menteri Keuangan kepada LPEI sebagai sebuah lembaga dan kepada seluruh jajaran pegawai LPEI yang sudah dianggap sebagai bagian dari keluarga Kementerian Keuangan. (Seksi KND 3B - Direktorat KND DJKN)

 

 

 

Foto Terkait Berita