Berita DJKN

Sekarang DJKN Sudah “SAKTI”

Kamis, 31 Januari 2019 pukul 16:46:20   |   514 kali

Tangerang Selatan – Tahun ini, aplikasi SAKTI (Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi) diterapkan untuk pertama kalinya. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) didapuk sebagai salah satu instansi pilot project. Proses ini membutuhkan banyak penyesuaian, tidak hanya terkait proses bisnis tapi juga metode kerja. Untuk itu, Sekretariat DJKN menyelenggarakan kegiatan Asistensi dan Verifikasi Penyusunan Laporan Keuangan lingkup DJKN. Kegiatan ini dimulai pada pada 21 Januari 2019 di Kampus PKN-STAN Bintaro dengan dibagi menjadi tiga gelombang. Rangkaian kegiatan yang diikuti oleh perwakilan dari seluruh unit vertikal DJKN ini berakhir pada 31 Januari 2019.

Kepala Subbagian Akuntansi dan Pelaporan DJKN Mufid Hamdani menyampaikan bahwa penyusunan laporan keuangan ini merupakan bentuk pertanggung jawaban atas pelaksanaan APBN yang dilakukan di tahun 2018. Namun tidak hanya sebatas itu, lanjut Mufid, laporan keuangan yang disusun juga merupakan tools bagi pimpinan untuk menentukan arah kebijakan dan mengambil keputusan strategis.

Upaya peningkatan akuntabilitas laporan keuangan ini bukannya tanpa tantangan, apalagi aplikasi yang digunakan masih dalam tahap percontohan. Bila terjadi permasalahan, Mufid berharap agar operator GLP maupun Kasubbag Keuangan segera menginformasikannya ke Sekretariat DJKN dan Direktorat SITP DJPBN melalui Hai DJPBN.

Selanjutnya, untuk mempermudah implementasi selanjutnya, DJKN akan menginisiasi agar pegawai DJKN baik di kantor pusat maupun unit vertikal dapat memperoleh pelatihan terkait SAKTI. (Tim Humas DJKN)

 

 

Foto Terkait Berita