Berita DJKN

Dari Brebes Ke Jakarta, Siwa SMK BISMA Belajar Tentang Kekayaan Negara

Kamis, 31 Januari 2019 pukul 14:20:35   |   227 kali

Jakarta – Datang dari Brebes, Jawa Tengah, 35 siswa Sekolah Menengah Kejuruan Bina Islam Mandiri (SMK BISMA) belajar mengenai pengelolaan kekayaan negara dan lelang di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) pada Rabu (30/1). Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian visit industri para siswa SMK BISMA. Selain untuk memperdalam pengetahuan siswa mengenai DJKN sebagai salah satu eselon satu di Kementerian Keuangan, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengenalkan para siswa tentang kekayaan negara yang dikuasai, barang milik negara, contoh-contoh BUMN, dan penilaian.

Pada kegiatan ini, Kepala Subdirektorat Hubungan Masyarakat DJKN Acep Hadinata memaparkan materi mengenai tugas DJKN sebagai pengelola kekayaan negara yang terdiri dari kekayaan negara yang dimiliki dan dikuasai. “Kenapa barang negara harus dikelola dengan baik? Karena salah satu fungsinya memberikan kontribusi terhadap APBN,” jelasnya. Ia juga menambahkan bahwa barang milik negara mendukung penyelenggaraan pemerintah dalam pelayanan publik, dan menghemat belanja modal pemerintah.

Setelah Acep selesai memberikan pemaparannya, para siswa diberi kesempatan untuk bertanya. Para siswa menyambut kesempatan itu dengan semangat. “Bagaimana merumuskan pembaharuan pengumuman lelang sesuai perkembangan zaman karena ada regulasi lebih tinggi?” tanya Putri, salah satu peserta. Menjawab pertanyaan tersebut, Acep menjelaskan bahwa sekarang lelang ada dua jenis yaitu lelang konvensional dan lelang elektronik. Untuk lelang konvensional yang nilai maksimalnya 50 juta, pengumumannya disebarkan hanya di sekitar dimana lelang tersebut diadakan, sedangkan untuk yang nilainya di atas 50 juta, pengumumannya harus dimuat di koran. Sementara untuk lelang elektronik, maka pengumumannya juga dimuat dalam media elektronik.

Untuk kembali mengingatkan para siswa mengenai materi yang baru saja disampaikan, MC memberikan kuis untuk para siswa. Para siswa berusaha menjawab kuis-kuis yang disampaikan dengan antusias. (Tim Humas DJKN)

 

Foto Terkait Berita