Berita DJKN

Tak Berhenti di 3T, Pengelolaan Aset Harus Penuh Inovasi dan Kreativitas

Kamis, 22 November 2018 pukul 15:24:58   |   672 kali

Dumai - Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Isa Rachmatarwata melakukan kunjungan kerja ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Dumai pada Selasa (20/11/2018). Dalam arahannya Isa menyampaikan bahwa DJKN kedepan akan meningkatkan perannya menjadi Distinguished Asset Manager, berbeda dengan Ordinary Asset Manager. “Pengelolaan aset tidak hanya dilakukan dengan tertib administrasi, tertib fisik dan tertib hukum namun juga dilakukan dengan inovasi dan kreativitas yang luar biasa dan dapat dijadikan contoh bagi asset manager lainnya,” ujar Isa.

Lebih lanjut Isa mengatakan bahwa KPKNL Dumai punya potensi menjadi laboratorium asset manager karena adanya aset-aset Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) PT Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) yang merupakan Barang Milik Negara dan mencerminkan representasi negara di Kota Dumai. “Keberadaan tanah Negara yang berada dalam wilayah konsesi PT CPI di Kota Dumai, mengharuskan KPKNL Dumai mengkaji apakah aset dapat dihibahkan atau dipinjam pakai dan menciptakan gagasan-gagasan yang baik dalam pengelolaan aset untuk dimanfaatkan Pemerintah dan Masyarakat Kota Dumai dengan menyesuaikan Rencana Tata Ruang/Wilayah Kota Dumai dengan peta aset PT CPI,” ungkap Isa.

Dirjen KN memberikan arahan agar KPKNL Dumai dan juga KPKNL lainnya di Indonesia untuk membangun kapasitas kompetensi sumber daya manusia agar pegawai yang ada ditingkatkan kapasitas dan kemampuannya sehingga memenuhi syarat untuk menjadi Penilai dan Pejabat Lelang. Isa mengatakan bahwa telah di luncurkannya program knowledge management DJKN akan memudahkan seluruh pegawai untuk meningkatkan kapasitas diri.

Meneruskan arahan Menteri Keuangan yang disampaikan pada pegawai di Kantor Pusat DJKN beberapa waktu lalu, Isa menyampaikan bahwa, setiap pegawai Kementerian Keuangan agar menjadi juru bicara yang baik dalam menyampaikan informasi yang ada di Kementerian Keuangan. “Kita juga harus memberikan informasi yang jelas serta sikap optimis khususnya terkait utang negara, dan menginformasikan (pada stakeholder dan masyarakat-red) bahwa revaluasi bertujuan untuk menciptakan nilai BMN terkini.” ujarnya.  

Masih melanjutkan arahan Menteri KeuanganKedua, Isa meminta para pegawai yang hadir untuk selalu mencintai pekerjaan dan menumbuhkan perasaan gelisah atau tidak cepat puas terhadap apa yang telah dicapai, gelisah ketika melihat sekitar kita ada yang tidak benar. Isa juga berharap pegawai bisa  menjadi perekat bangsa ditempatnya bekerja.

Isa hadir didampingi Direktur Piutang Negara dan Kekayaan Negara Lain-lain,  Purnama T. Sianturi, Direktur Hukum Dan Hubungan Masyarakat, Tri Wahyuningsih Retno Mulyani serta Kepala Kantor Wilayah DJKN Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau, Tugas Agus Priyo Waluyo. Tiba  Pukul 19.00 WIB,rombongan  terlebih dahulu meninjau aset yang akan dipinjam pakai.

Selain bertemu dengan jajaran pegawai KPKNL Dumai, Dirjen KN dijadwalkan menghadiri penandatangan perjanjian pinjam pakai BMN Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) PT Chevron Pacific Indonesia (PT. CPI) dari Kementerian Keuangan c.q. DJKN selaku Pengelola Barang kepada Pemerintah Daerah Kota Dumai keesokan harinya.

Nota Kesepahaman Untuk Percepat Proses Pindah Tangan

Masih dalam rangkaian kunjungan Dirjen KN ke Dumai, Direktur Piutang Negara dan Kekayaan Negara Lain-lain (PNKNL), Purnama T. Sianturi  menyampaikan current issue terkait penghapusan aset KKKS. Ia menyampaikan bahwa, Dirjen KN, Sekjen Kementerian ESDM, dan Kepala SKK Migas telah menandatangani Nota Kesepahaman tentang Standar Operasional Prosedur Percepatan Proses Pemindahtanganan Barang Milik Negara yang Berasal dari Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi, yang diharapkan memangkas waktu proses penghapusan. “Yang menjadi perhatian saat ini adalah pengelolaan aset KKKS yakni mengenai prosedur penghapusan, pemanfaatan dan tata kelola aset dimaksud”, tegasnya.

Sebelumnya, dalam sambutannya Kepala Kanwil DJKN Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau Tugas Agus mengapresiasi KPKNL Dumai atas pencapaiannya memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) di lingkungan Kementerian Keuangan. Agus berpesan kepada seluruh pegawai KPKNL Dumai agar dapat bekerja beriringan dengan arahan Dirjen KN yang tentunya akan memberikan kemajuan bagi KPKNL Dumai. Selanjutnya  Kepala KPKNL Dumai, Dirmanti Jaya memaparkan profil KPKNL Dumai dan capaian kinerja, serta inovasi KPKNL Dumai. (Naskah dan Foto:  Seksi HI KPKNL Dumai)

Foto Terkait Berita