Berita DJKN

DJKN Lakukan Practical Sharing Session dengan INSPEN/JPPH Malaysia

Selasa, 30 Oktober 2018 pukul 11:59:20   |   427 kali

Malaysia – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melaksanakan practical sharing session dengan Institut Penilaian Negara (INSPEN) Malaysia pada 1-5 Oktober 2018 di Putrajaya, Malaysia.


Practical Sharing Session kali ini mengambil tiga tema utama yaitu, penilaian properti berupa bangunan yang telah berstatus sebagai “Bangunan Hijau” (Green Building Valuation), Pemeringkatan Penilai Pemerintah di JPPH/INSPEN Kementerian Keuangan Malaysia (Government Valuers Levelling), dan Sistem Manajemen Pengetahuan yang ada saat ini di JPPH/INSPEN Kementerian Keuangan Malaysia (Knowledge Management System).


Delegasi yang dikirimkan oleh DJKN adalah Suwadi Tristiyawan (Kepala Subbagian Manajemen Kinerja dan Mutasi Kepegawaian), Asni Richmawati dan Kelik Nurhendrawan (Pelaksana Direktorat Penilaian), dan Intania Nextar (Pelaksana Sekretariat Ditjen).

Practical Sharing Session dibuka oleh Ketua Pusat Pengembangan INSPEN Mohd. Zamri bin Awang dan dilanjutkan dengan pembahasan jurnal-jurnal  mengenai Penilaian “Bangunan Hijau” dan penerapannya di Malaysia. Delegasi dari DJKN juga berkesempatan untuk melihat secara langsung bangunan hijau yang mendapatkan Platinum Certificate dari Lembaga Green Buiding Index di Malaysia dan fitur-fitur yang ada pada masing-masing bangunan untuk mendapatkan gambaran langsung mengenai penilaian bangunan hijau.


Objek bangunan hijau yang dikunjungi antara lain adalah Masjid Raja Haji Fisabilillah atau Masjid Cyberview, Diamond Building Suruhanjaya Tenaga, dan Blok 7 (Tower 7) Avenue, The Horizon di Bangsar South yang memiliki fitur – fitur seperti Automated Sensor Lamp, LED Light, Ruang Hijau Terbuka, Penggunaan Sel Surya, Waste Management dan Rainwater Harvesting.

Hari berikutnya kegiatan Practical Sharing Session dilanjutkan di kantor pusat JPPH dengan pembahasan mengenai Pemeringkatan Penilai Pemerintah di JPPH/INSPEN Kementerian Keuangan Malaysia (Government Valuers Levelling) sebagai salah satu upaya benchmark yang dilakukan oleh DJKN dalam mempersiapkan Inpassing Jabatan Penilai yang kemudian dilanjutkan dengan pemaparan knowledge management di JPPH untuk mempersiapkan pembangunan knowledge management di DJKN. Practical Sharing Session antara DJIKN dengan JPPH/INSPEN ditutup dengan lawatan ke cabang JPPH di Kuala Lumpur.

Foto Terkait Berita