Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
DJKN Menghadiri Kongres Asean Valuers Association (AVA)
N/a
Rabu, 04 Agustus 2010 pukul 14:05:36   |   848 kali

Delegasi DJKN yang terdiri dari Suyatno Harun (Direktur PKN), Arik Hariyono (Kasubdit Penilaian Real Properti), Odi Renaldi (Kasi Penilaian Properti Komersial I), Rustanto (Kasi Penilaian Mesin dan Barang Bergerak II), Suprapno (Kasi Penilaian KPKNL Jakarta V) dan Sutanto Basuki (Kasi Penilaian KPKNL Palembang) menghadiri Asean Valuers Association (AVA) Congress di Bangkok 22-24 Juli 2010. Delegasi  DJKN merupakan bagian dari delegasi Indonesia yang terdiri dari  unsur-unsur Kementerian Keuangan (DJKN, Setjen Kementerian Keuangan, DJP dan Bapepam LK), Masyarakat Profesi Penilai Indonesia (MAPPI) dan Akademisi.

Kongres yang diselenggarakan  setiap dua tahun sekali ini menjadi ajang bagi para Penilai  swasta maupun Pemerintah dari seluruh Negara ASEAN saling bertukar pengalaman dan saling belajar untuk bersama-sama memajukan profesi Penilai  di ASEAN. Ini  merupakan kali  kedua partisipasi DJKN dalam kongres AVA, setelah sebelumnya pada tahun 2008 di Denpasar Bali. Pada kongres AVA tahun 2008, Dirjen Kekayaan Negara Bapak  Hadiyanto menjadi Ketua Delegasi Indonesia, sedangkan pada kesempatan Kongres AVA tahun 2010 Bpk. Mulia  Nasution, Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan bertindak sebagai ketua delegasi Indonesia.

Acara Kongres AVA diisi dengan diskusi-diskusi panel dengan tema antara lain:

      1.    The Integration of ASEAN – Effects on the Valuation Profession (Mr. Robert Peto, President of Royal Institution of Chartered Surveyors - Inggris);

2.     Pre and Post Education and Training for Valuers in Malaysia  (Assoc. Prof. Sr Abd. Abdul Rahman Mohd Noor, FISM, MRICS, MPEPS dan Prof. Sr Mohd Yunus A. Rahman, FISM, MRICS, Malaysia)

3.    Valuation for Land Acquisition: International Experience (Dr.Sopon Pornchokchai, Thailand)

4.    An Assessment of The Valuation Profession and International Valuation Standards (IVS) Post The Global Financial Crisis (Mr. Elvin Fernandez, Malaysia)

5.    Strengthen Cooperation among Asean Valuers” (Dr. Lim Lan Yuan)

Selain mengikuti diskusi panel, delegasi DJKN juga berupaya melakukan kontak dengan para anggota  delegasi Negara lain, terutama untuk mendapatkan pemahaman mengenai pengaturan profesi Penilai di negara lain dan untuk mendapatkan informasi  yang berkaitan dengan penawaran short course di bidang Penilaian.

Untuk selanjutnya Kongres AVA akan dilaksanakan di Brunei Darussalam pada tahun 2012 dengan didahului Pre-Congress Meeting di Kamboja tahun 2011. (odi)

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini