Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Rakerda Kanwil XII Banjarmasin Tahun 2010
N/a
Kamis, 12 Agustus 2010 pukul 10:44:17   |   437 kali

Kakanwil XII DJKN Banjarmasin membuka Rakerda

Dalam rangka mengevaluasi kinerja serta menyusun rencana kerja dan strategi, Kanwil XII DJKN Banjarmasin mengadakan Rakerda I Tahun 2010 pada tanggal 5-6 Agustus 2010, di Hotel Arum Kalimantan, Banjarmasin. Acara ini dihadiri oleh peserta Rapat yang terdiri dari Kakanwil, para Kepala Bagian/Bidang, Kepala KPKNL di lingkungan Kanwil XII Banjarmasin yaitu (KPKNL Banjarmasin, KPKNL Palangkaraya dan KPKNL Pangkalan Bun) serta para Kepala Seksi.

Rakerda kali ini mengambil tema “Dengan tertib hukum, tertib administrasi dan tertib fisik Pengelolaan Barang Milik Negara menuju LKPP Wajar Tanpa Pengecualian dan optimalisasi Pengurusan Piutang Negara dan Lelang”. Dalam acara ini, setiap KPKNL dan Bidang/Bagian menyajikan paparan hasil capaian kinerja/evaluasi bulan Januari s.d. Juni 2010 berikut kendala/permasalahan, serta  rencana kerja semester II tahun 2010.

Dengan telah berakhirnya Semester I Tahun Anggaran 2010, Kanwil XII Banjarmasin memandang perlu untuk melakukan evaluasi dan verifikasi pencapaian kinerja pada seluruh unit kerja di lingkungan Kanwil XII DJKN Banjarmasin. Hasil evaluasi digunakan sebagai bahan untuk membuat rencana kerja dan strategi yang akan dilaksanakan guna mencapai target yang telah ditetapkan. Selain itu juga dilakukan pembahasan mengenai permasalahan/kendala di bidang pengurusan piutang negara, pelayanan lelang, serta dengan inventarisasi dan penilaian. Tidak kalah pentingnya juga pembahasan implementasi reformasi birokrasi yang berkaitan dengan SOP, khususnya SOP Layanan Unggulan dan Kontrak Kinerja.

Para Kepala KPKNL memaparkan kinerja kantornya masing-masing
Kepala KPKNL Palangkaraya, Guntur Riyanto
Kepala KPKNL Banjarmasin, Syamsudin

Hal-hal yang diperoleh dari hasil paparan dan diskusi pada Rakerda ini antara lain:

1.    Realisasi pengurusan piutang negara di Kanwil XII Banjarmasin, yaitu PNDS sebesar 44,34%, Biad  PUPN 37,76% dan BKPN 77,61%.  Realisasi presentasi yang rendah ini disebabkan sebagian besar telah optimal tingkat pengurusannya dan tidak ada lagi penyerahan berkas pengurusan piutang negara pasca PP Nomor 33 tahun 2006. Sedangkan pencapaian realisasi pokok lelang sebesar 250,58%, bea lelang 271,29% dan frekuensi lelang 81,42%. Pencapaian yang tinggi ini didominasi oleh Lelang Hak Tanggungan.

2.    Dari hasil rekonsiliasi BMN Semester I, masih terdapat satker yang belum melaksanakan rekonsiliasi BMN. Untuk mengatasinya perlu dilakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait. Dalam rangka persiapan Rekonsiliasi BMN Semester II agar dilakukan koordinasi dengan pihak pemda dengan membentuk korwil penerima Dana Dekonsentrasi/Tugas Perbantuan (Dekon/TP).

3.    Bidang Penilaian merencanakan kegiatan penilaian Sumber Daya Alam (SDA). Saat ini sudah berkoordinasi dengan pihak Dinas Pertambangan dan Kehutanan.

Pada acara Rakerda ini juga dilaksanakan kegiatan-kegiatan sebagai berikut:

1.   Penandatangan kontrak kinerja tahun 2010, oleh para Kepala Bidang/Bagian di Lingkungan Kanwil, para Kepala KPKNL.

2.   Rapat pembahasan hasil Rekonsiliasi Barang Milik Negara Semester I Tahun 2010 untuk menemukan sinkronisasi data satker yang dimilki oleh Kanwil dengan masing-masing KPKNL.

3.   Pengambilan Sumpah Pegawai Negeri Sipil dan Pelantikan Pejabat Lelang Kelas I di Lingkungan Kanwil XII DJKN Banjarmasin.

Penandatanganan Kontrak Kinerja antara Kepala Kanwil dengan Eselon III
Kepala Bidang Hukum dan Informasi, Tuslan menandatangani kontrak kinerja Kepala KPKNL Pangkalan Bun, Edy Suyanto seusai menandatangani kontrak kinerja
Di ruang lain, berlangsung rapat evaluasi rekonsiliasi BMN (sinkronisasi data satker)

Pada akhir Rakerda, Kakanwil berpesan agar berbagai titik temu solusi permasalahan dapat digunakan sebagai acuan bagi pelaksanaan tugas dan fungsi pada Semester II (Juli sd. Desember 2010). Disamping itu, Kakanwil juga mengharapkan agar seluruh jajaran Kanwil XII DJKN Banjarmasin terus berbenah dan instrospeksi terhadap hasil penertiban BMN dan rekonsiliasi berkaitan dengan adanya temuan BPK. Demikian juga diharapkan pengurusan Piutang Negara agar terus dioptimalkan untuk mencapai target yang telah ditetapkan. (Edited-Admin)

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini