Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Tingkatkan Pelayanan, DJKN Bangun Knowledge Management
Paundra Adi Ristiawan
Jum'at, 07 September 2018 pukul 17:45:46   |   1049 kali

Jakarta- Jumat (7/9), Direktorat Jederal Kekayaan Negara (DJKN) menggelar rapat pimpinan yang dihadiri oleh pejabat eselon dua, tiga, dan empat di lingkungan DJKN. Rapat yang dipimpin langsung oleh Dirjen Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata tersebut membahas Pembangunan Knowledge Management.

Isa menegaskan pembangunan Knowledge Management ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas SDM sehingga pegawai DJKN memiliki pengetahuan yang lebih luas yang berujung pada peningkatan kualitas pelayanan dan kompetensi pegawai. Dirjen Kekayaan Negara mengatakan bahwa organisasi tidak seharusnya hanya bergantung pada satu orang saja. “Seseorang tidak seharusnya ada di satu tempat, atau satu posisi sampai pensiun, harus ada kesempatan untuk dapat pengalaman baru, ilmu baru, ditempat yang lain,” terang Isa. Lebih lanjut Isa mengatakan perlunya pembangunan Knowledge Management, adalah untuk menghindari potensi hilangnya pengetahuan dalam organisasi dan untuk menghadapi permasalahan yang semakin kompleks.

Saat ini telah dibuat prototype aplikasi KNPedia (Kekayaan Negara-Pedia) yang akan mengakomodasi konten terkait Knowledge Management dan telah dibentuk tim pembangunan knowledge management. Tim tersebut mempunyai tugas utama membangun awareness di lingkungan DJKN, mengidentifikasi kebutuhan knowledge management, menyusun knowledge management framework, konsultasi dan benchmarking, dan penataan SDM guna Pembangunan KM.

Dari Pembangunan Knowledge Management ini terdapat manfaat yang terbagi menjadi dua yaitu manfaat bagi pegawai berupa meningkatnya engagement pegawai dengan organisasi, meningkatkan kinerja, dan kepuasan pegawai, sehingga pegawai merasa terbantu dan dapat bekerja secara optimal.  Sedangkan manfaat untuk organisasi adalah membantu dalam pengambilan keputusan, meningkatnya kinerja organisasi, dan efisiensi birokrasi. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini