Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Dirjen Kekayaan Negara Hadiri Penandatanganan Kerjasama antara SMF dan JHF Jepang
Hendrawan Yudie Susanto
Senin, 13 Agustus 2018 pukul 17:38:24   |   1358 kali

Jakarta - Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Isa Rachmatarwata menghadiri Penandatanganan kerjasama, Memorandum of Cooperation (MoC) antara PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF dan Japan Housing Finance Agency (JHF), Jepang di Bidang Pembiayaan Perumahan, khususnya pengembangan pasar sekunder pembiayaan perumahan.  Kegiatan tersebut diselenggarakan pada Senin (13/8) di ruang Banda A Hotel Borobudur, Jakarta.

Dalam sambutannya, Isa menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat hubungan kerja sama tidak hanya antara SMF dan JHF tetapi juga antara Indonesia dan Jepang dalam sektor pembiayaan perumahan. “Memorandum ini sebagai langkah yang signifikan untuk kedepannya,” ujar Isa.

Menurut Isa, selama bertahun-tahun, SMF dan JHF telah mengarahkan fokus dan keahlian mereka untuk membina pembiayaan perumahan. Isa berharap dengan MoC ini, SMF dan JHF dapat bersama-sama mencari solusi terhadap permasalahan yang menjadi perhatian bersama dan saling bertukar informasi atas kebijakan, penelitian, dan program-program terkait pembiayaan perumahan.           

Selain itu, Isa mengharapkan agar MoC ini dapat berguna untuk mengembangkan pembiayaan perumahan khususnya pasar pembiayaan sekunder perumahan serta meningkatkan keterjangkauan rumah terhadap Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di Indonesia.

Isa menjelaskan bahwa Indonesia memiliki tantangan yang kompleks disektor perumahan sebagai salah satu kebutuhan dasar, Indonesia masih kekurangan rumah layak dalam jumlah yang besar. “Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional yang sedang berjalan mendorong perkembangan infrastruktur untuk pertumbuhan melalui penyediaan infrastruktur dasar yang salah satunya adalah sektor perumahan, “terangnya.

Selanjutnya, terhadap perjanjian kerjasama dengan JHF tersebut, Isa berharap dapat berbagi pengalaman terkait pencegahan, mitigasi, dan dukungan terkait sektor perumahan terhadap bencana alam. “Sebagai Negara Asia, bencana alam merupakan bagian dari keseharian kita, oleh karena itu rencana penanggulangan bencana terkait peran sektor perumahan sangat penting dan signifikan,” tuturnya.

Seperti diketahui, beberapa waktu yang lalu beberapa daerah di Indonesia mengalami gempa bumi yang cukup besar dan menghancurkan banyak infrastruktur dan rumah pada daerah tersebut. “Kami berharap JHF dapat berbagi pengalaman dalam mengatasi hal tersebut,” pungkasnya.

Pada kesempatan sebelumnya, Direktur Utama SMF, Ananta Wiyogo mengatakan bahwa kerjasama ini merupakan upaya nyata sinergi kedua belah pihak dalam rangka kerjasama antara anggota Asian Secondary Mortgage Market Association (ASMMA), khususnya dalam pengembangan pasar pembiayaan perumahan.

“Melalui kerja sama ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dan dasar bagi kedua belah pihak dalam melakukan kerjasama, penelitian, berbagi informasi, berbagi pengetahuan, yang berkaitan erat dengan pembiayaan perumahan,” ucap Ananta.

Ananta menambahkan bahwa JHF memiliki program pembiayaan perumahan paska bencana yang disebut direct mortgage origination or disaster migration and urban rehabilitation yang mungkin dapat menjadi rujukan bagi SMF dalam membantu meringankan beban Pemerintah dalam merevitalisasi pemukiman masyarakat paska bencana alam di Indonesia.

Sementara itu, Presiden JHF, Toshio Kato membuka pidatonya dengan menyampaikan rasa duka mendalam atas musibah gempa bumi di Lombok beberapa waktu yang lalu. Selain itu, ia menyambut baik jalinan kerjasama antara JHF dengan SMF tersebut. SMF dan JHF merupakan perusahaan pembiayaan sekunder perumahan yang sama-sama dimiliki oleh Pemerintah dengan peran mengembangkan pasar pembiayaan sekunder perumahan di negaranya masing-masing serta menjalankan peran sebagai Special Mission Vehicle (SMV).

Penandatanganan Memorandum of Cooperation (MoC) tersebut dilakukan Direktur Utama SMF, Ananta Wiyogo, dan Presiden JHF, Toshio Kato.

Hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan RI, Isa Rachmatarwata, Presiden JHF Mr. Toshio Kato, Direktur Pendayagunaan Sumber Pembiayaan Perumahan, Ditjen Pembiayaan Perumahan, Kementerian PUPR Adang Sutara, dan Direktur Utama PT SMF Ananta Wiyogo. (Humas DJKN/SMF)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini