Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
PT SMF Luncurkan Efek Beragun Aset - Surat Partisipasi Ritel
Azif Qurba Rahman
Jum'at, 03 Agustus 2018 pukul 11:26:08   |   1548 kali

Jakarta - PT Sarana Multigriya Finansial (PT SMF) merilis Efek Beragun Aset berbentuk Surat Partisipasi (EBA-SP) Ritel di Main Hall Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis (2/8). Peluncuran EBA-SP yang bekerja sama PT BNI Sekuritas ini merupakan perilisan EBA-SP pertama di Indonesia yang dijual untuk perorangan.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Kekayaan Negara Dipisahkan (KND) Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Dedi Syarif Usman sebagai pengelola Investasi Pemerintah berkesempatan memberikan sambutan untuk menjelaskan sekilas mengenai peluncuran EBA-SP Ritel.

Dedi menjelaskan bahwa penerbitan EBA-SP yang dilakukan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bawah Kementerian Keuangan ini merupakan upaya untuk membangun alternative financing bagi pembiayaan perumahan.

Dedi mengapresiasi PT SMF yang telah berhasil menyalurkan Rp10,2 triliun dana dari pasar modal ke pasar pembiayaan primer perumahan melalui sekuritisasi.

Menurutnya, mulai tahun 2009, BUMN yang mengemban tugas sebagai Special Mission Vehicle (SMV) membangun dan mengembangkan Pasar Sekunder Pembiayaan Perumahan ini  telah berhasil melakukan sekuritisasi dengan membeli kumpulan aset keuangan berupa tagihan KPR dari bank dan/atau lembaga keuangan selanjutnya menjualnya kepada investor, baik melalui penawaran umum maupun penawaran terbatas (private placement) dalam bentuk KIK-EBA dan EBA-SP.

“EBA-SP sangat potensial untuk dapat meningkatkan pertumbuhan volume KPR di Indonesia dengan membantu perbankan dalam memperoleh likuiditas dari pasar modal sebagai sumber penyediaan dana yang terjangkau bagi masyarakat sehingga kebutuhan perumahan dapat terpenuhi,” ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Presiden Direktur BNI Sekuritas menjelaskan bahwa produk EBA-SP Ritel dari SMF dengan kupon 8,6% per tahun adalah investasi fixed income yang sangat menarik dan aman, dan saat ini hanya dijual melalui BNI Sekuritas. Investor EBA Ritel SMF akan mendapat pembayaran kupon bunga setiap 3 bulan, dengan nominal mulai dari 100 ribu rupiah, dan apabila membutuhkan dana dapat menjual kembali EBA-SP Ritelnya sewaktu-waktu.

Sebagai informasi, PT SMF  memiliki  peringkat  AAA untuk korporasi, yang diperoleh dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) dan Fitch Rating. Peringkat tersebut merupakan peringkat tertinggi yang menujukkan kemampuan SMF untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya, serta profil permodalan yang sangat kuat, dengan didukung oleh kualitas aset yang sangat baik. (Humas DJKN)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini