Berita DJKN

Konsolidasi Data LBMN KW-KD, Direktur BMN: Kualitas Pengelolaan BMN Harus Kita Jaga

Rabu, 11 Juli 2018 pukul 14:33:32   |   446 kali

Jakarta – Direktorat Barang Milik Negara Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Direktorat BMN DJKN) menyelenggarakan kegiatan Konsolidasi Data Laporan BMN Kantor Wilayah-Kantor Daerah (LBMN KW-KD) Tahun 2017 pada Selasa (10/7) hingga Kamis (12/7) di Novotel Tangerang. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dihadiri oleh seluruh kepala bidang pengelolaan kekayaan negara dan kepala seksi pengelolaan kekayaan negara di lingkungan DJKN.

Saat membuka acara, Direktur BMN Encep Sudarwan menyampaikan apresiasinya atas segala upaya yang telah dilakukan seluruh jajaran DJKN sehingga Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) 2017 kembali mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Encep menyampaikan bahwa prestasi tersebut juga dapat dicapai berkat dukungan para pimpinan di satuan kerja kementerian/lembaga (K/L).

Meskipun demikian, lanjut Encep, DJKN tetap harus menjaga kualitas pekerjaan. “Kalau K/L tidak tertib, yang disoroti DJKN. Artinya, eksposur kita tinggi”. Menurut Encep, hal ini disebabkan karena banyaknya aset pemerintah yang dikelola oleh DJKN. Menurut data, sebesar 42,9% aset pemerintah yang tercatat di LKPP berada di bawah kelolaan DJKN.

Pada kesempatan ini, Direktorat BMN DJKN juga memberikan apresiasi kepada kanwil dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) yang dinilai memiliki kualitas penyusunan LBMN KW-KD yang baik, antara lain:

A.    Penyusunan LBMN Terbaik                                     

a.    Tingkat Kanwil : Kanwil DJKN Kalimantan Selatan & Tengah

b.    Tingkat KPKNL (jumlah satker s.d. 300 unit) : KPKNL Tangerang

c.    Tingkat KPKNL (jumlah satker 300 s.d. 600 unit) : KPKNL Purwokerto

d.    Tingkat KPKNL (jumlah satker lebih dari 600 unit) : KPKNL Pontianak

B.    Penyampaian Laporan Wasdal Terbaik

a.    Tingkat Kanwil : Kanwil DJKN Kalimantan Selatan & Tengah

b.    Tingkat KPKNL : KPKNL Lhokseumawe

C.   Sertifikasi BMN Tanah Terbaik

a.    Tingkat Kanwil : Kanwil DJKN Jawa Barat

b.    Tingkat KPKNL : KPKNL Pare-Pare

D.   Utilisasi BMN Terbaik

a.    Tingkat Kanwil : Kanwil DJKN Jawa Timur

b.    Tingkat KPKNL : KPKNL Surabaya

Encep juga menyinggung tentang kegiatan penilaian kembali BMN 2018. Encep mengingatkan para peserta kegiatan agar berupaya maksimal demi tercapainya target. “Kerahkan semua orang di kantor, jangan pernah berpikir ah itu kan tugas seksi PKN dan penilai saja”, ujarnya.

Sampai saat ini, sebesar 60,91% dari target penilaian kembali BMN 2018 telah dicapai, dan dari capaian tersebut, nilai BMN secara keseluruhan telah meningkat sebesar 283,04%. Encep berharap seluruh target dapat dicapai pada akhir Agustus 2018.

Selain kegiatan penyusunan LBMN KW-KD dan penilaian kembali BMN, pada kegiatan ini juga disediakan sesi khusus untuk membahas kegiatan sertifikasi BMN berupa tanah, utilisasi BMN, dan pemutakhiran aplikasi SIMAK-BMN, Persediaan, dan SAIBA. (melli/ajip)

 

Foto Terkait Berita