Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Meriahnya 110 Tahun Lelang Indonesia di KPKNL Cirebon
Rr. Fitririjanti Desiana
Rabu, 28 Februari 2018 pukul 17:01:17   |   628 kali

CirebonDalam rangka memperingati 110 Tahun Lelang Indonesia, Kantor Pelayanan Kekayaan dan Lelang Negara (KPKNL) Cirebon menyelenggarakan kegiatan auction weeks (Pekan Lelang) yang diselenggarakan mulai Senin (26/2) sampai dengan Jumat (2/3). Kegiatan auction weeks ini dilakukan serentak oleh KPKNL seluruh Indonesia sebagai kantor operasional Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), Kementerian Keuangan. Tema kegiatan ini adalah “Modernisasi lelang Untuk Jual Beli Yang Lebih Handal dan Terpercaya”. Tujuan pelaksanaan peringatan 110 tahun Lelang Indonesia adalah untuk lebih memasyarakatkan lelang dan mengenalkan lelang lebih luas kepada publik. Edukasi yang baik kepada masyarakat diharapan dapat memberikan pemahaman mengenai lelang sebagai salah satu pilihan mekanisme jual beli barang.

Dengan mengusung tagline “Lelang Di Tangan Kita”, KPKNL Cirebon menyelenggarakan berbagai kegiatan antara lain pelaksanaan lelang selama 1 minggu berturut-turut, baik lelang konvensional maupun lelang lelang online (e-auction), serta pada puncak acara tanggal 28 Februari, dilaksanakan sosialisasi lelang, mini expo lelang, lelang besar secara online, dan juga simulasi lelang. Undangan sosialisasi lelang berasal dari unsur Pemerintah Daerah, Perbankan, Pelajar dan masyarakat umum. Tanggal 28 Februari dipilih sebagai puncak acara karena bertepatan dengan ditetapkannya peraturan lelang yang ada di Indonesia yaitu tanggal 28 Februari 1908.

Kepala KPKNL Cirebon Siswanto dalam sambutan pembukaannya menyampaikan “Lelang semakin modern dengan menggunakan teknologi online, sehingga pembeli tidak perlu repot hadir, cukup dengan gadget sudah bisa mengikuti lelang”. Agar lebih interaktif dan menarik, sosialisasi dikemas dalam bentuk talkshow yang dipandu oleh Joni Kristanto. Perwakilan dari perbankan yaitu Bank BTN dan perwakilan dari unsur Pemda yaitu BAKD Kabupaten Cirebon dihadirkan sebagai narasumber. Materi yang diusung pada talkshow terkait digitalisasi lelang.

Untuk lebih mengenalkan apa dan bagaimana pelaksanaan lelang, diperkenalkan kepada undangan khususnya masyarakat umum dan pelajar tata cara lelang atau simulasi lelang dengan cara konvensional. Ada 20 barang yang dilelang, diantaranya kain tas slempang kulit, kain batik, setrika, magic com, sepatu, kartu e-toll, kipas angin dan blender. Antusiasme hadirin mengikuti lelang sangat baik, terlihat dari sengitnya persaingan dalam menawar objek yang dilelang. Dan semua barang laku terjual di atas limit. Para undangan khususnya guru pembimbing menyambut baik kegiatan dan perkenalan lelang ini karena akan menambah edukasi bagi siswanya tentang lelang. (Tim HI/fitri&yayah)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini