Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Dirjen Kekayaan Negara Blusukan ke KPKNL Bekasi
Hendrawan Yudie Susanto
Senin, 29 Januari 2018 pukul 17:07:12   |   867 kali

Bekasi – Suasana dan obrolan santai terjadi antara dua orang pria di ruang seksi piutang negara. Percakapan tersebut terjadi antara Direktur Jenderal Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata dengan salah pegawai On the Job Training (OJT) KPKNL Bekasi Idham Widagdo dengan cerita pengalaman merapikan berkas piutang negara. Pertanyaan seputar pengalaman magang di KPKNL Bekasi ditanyakan oleh Isa, panggilan akrab Dirjen Kekayaan Negara yang dijawab oleh pegawai dimaksud dengan penuh santai dan kekeluargaan. Selain Idham, kesan selama berada di Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara disampaikan oleh pegawai OJT lainnya Mutiara Ursula yang merupakan lulusan STEI Jakarta atas keikutsertaan dia saat Survei Lapangan untuk penetapan status penggunaan BMN

Momen di atas terjadi saat kunjungan mendadak Dirjen Kekayaan Negara beserta Sekretaris DJKN Dodi Iskandar pada Jumat (26/1) ke KPKNL Bekasi. Tanpa direncanakan, Isa beserta rombongan datang ke KPKNL Bekasi sebagai bentuk turba atau blusukan dan perhatian pemimpin terhadap kantor pelayanan.

Kunjungan tersebut disambut oleh Kepala Subbagian Umum Agnes Rina, beserta pejabat eselon IV lain. Diawali dengan memasuki ruang Area Pelayanan Terpadu (APT) yang merupakan frontliner dalam pelayanan dan berinteraksi dengan pegawai di APT yang saat itu sedang melayani stakeholder, tanpa mengganggu proses pelayanan. Usai ke APT, dilanjutkan dengan menilik seluruh ruangan di KPKNL Bekasi.

Hal yang sering terlewatkan, yakni kamar kecil, bahkan jadi perhatian Isa selain gudang arsip dan ruang server. Penyimpanan arsip yang tersusun rapi di gudang dengan adanya rak arsip, buku catatan arsip, dan pendingin ruangan menjadi harapannya untuk pengelolaan arsip lebih baik. Di KPKNL Bekasi sudah ada pemisahan gudang sesuai penyimpan arsip antara lain gudang arsip lelang, arsip pengelolaan kekayaan negara, arsip umum, arsip penilaian, dan arsip KIHI. Isa beserta rombongan juga menyempatkan diri Solat di Mushola Al Ikhlas di lingkungan kantor serta mampir di kantin kantor.

Isa Rachmatarwata memberikan apresiasi kepada KPKNL Bekasi karena sudah menetapkan pemanfaatan BMN atas sewa kantin tersebut. Mengenai teknis pekerjaan KPKNL Bekasi, Isa menanyakan capaian kinerja tiap Seksi teknis dan rencana Revaluasi BMN tahun 2018. Hal tersebut didiskusikan bersama para jajaran eselon IV KPKNL Bekasi dalam suasana santai di ruang rapat Kepala Kantor. Beberapa poin yang disampaikan Isa dan Dody terkait tugas fungsi DJKN tahun 2018 antara lain terkait target sertifikasi dengan output sertifikat BMN dan target utilisasi BMN direformulasi dari nominal jadi persentase atas total aset dalam kelolaan. Sedangkan terkait pelayanan lelang, Ia meminta peran aktif Seksi Pelayanan Lelang dalam menjadikan lelang lebih menarik di mata masyarakat. Dalam hal pengurusan piutang negara, Isa mendorong Seksi Piutang Negara terus menggali potensi piutang dari instansi pemerintah pusat atau daerah. (kontributor: aenul)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini