Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Uji Petik Penilaian Sumber Daya Hutan di Taman Nasional Wasur Merauke
N/a
Kamis, 24 Maret 2011 pukul 02:12:18   |   808 kali

Kantor Wilayah XVII DJKN Jayapura mengadakan Uji Petik Penilaian Sumber Daya Hutan di Taman Nasional Wasur, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua pada tanggal 15 sampai dengan 18 Maret 2011.

            Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan kapasitas penilai di bidang penilaian sumber daya alam khususnya hutan. Uji petik tersebut diikuti oleh pegawai dari Kanwil XVII DJKN Jayapura beserta perwakilan dari seluruh KPKNL di lingkup Kanwil XVII DJKN Jayapura. Pelaksanaan uji petik ini mendapatkan asistensi dari Kantor Pusat DJKN dan tenaga pendamping dari Balai Taman Nasional Wasur.

            Hari pertama sampai di Merauke, para peserta mendapatkan briefing dari tim asistensi pusat serta mempersiapkan peralatan untuk survei ke lokasi keesokan harinya.

  

            Kegiatan di Balai Taman Nasional Wasur diawali dengan tatap muka dan perkenalan peserta uji petik serta pengarahan dari Kepala Balai Taman Nasional Wasur, Ir. Dadang Suganda. Dalam sambutannya, Dadang menyambut baik kegiatan uji petik ini dan memberikan sedikit gambaran mengenai lokasi, keanekaragaman baik flora maupun fauna yang terdapat di Taman Nasional Wasur serta menugaskan kepada stafnya untuk mendampingi para peserta selama melakukan survei ke lokasi Taman Nasional Wasur. Kepala Balai juga menyampaikan bahwa untuk dapat menjangkau keseluruhan wilayah Taman Nasional Wasur perlu waktu yang cukup karena akses yang sulit serta luas wilayah yang mencapai ratusan ribu hektar. Para peserta juga diberikan kesempatan untuk menanyakan segala hal yang berkaitan dengan kelancaran pelaksanaan uji petik termasuk menanyakan hal-hal apa yang patut dihindari selama survei di lapangan mengingat masih banyak kearifan lokal yang berlaku di wilayah Taman Nasional Wasur. Sebagai akhir sambutan, Kepala Balai mempersilahkan para peserta dan tim pendamping dari Balai Taman Nasional Wasur untuk melaksanakan uji petik penilaian.

            Sebagai langkah awal dalam rangka uji petik penilaian, para peserta membagi tugas. Masing-masing sebagai pengukur keliling dan ketinggian pohon, pencatat dan dokumentasi objek penilaian. Mengingat waktu yang terbatas dibandingkan dengan luas total Taman Nasional Wasur yang mencapai 413.810 Ha dan terdiri dari 14 tipe vegetasi, maka peserta uji petik memutuskan untuk melakukan observasi terhadap empat tipe vegetasi yang mudah dijangkau dan dilaksanakan semaksimal mungkin. Kegiatan survei ke lokasi Taman Nasional Wasur sedikit terhambat dengan hujan dan lokasi yang berawa. Hal ini tidak menjadi masalah karena semangat para peserta baik dari Lingkungan Kanwil XVII, Tim Asistensi Pusat dan Tim Pendamping, kegiatan tersebut dapat terlaksana.

            Akhirnya, setelah keluar masuk hutan, tim peserta berhasil melakukan observasi terhadap 4 (empat) tipe vegetasi serta melakukan wawancara dengan beberapa responden yang nantinya akan digunakan sebagai data untuk uji petik penilaian. Disamping data hasil observasi langsung di lokasi, tim pendamping dari Balai Taman Nasional Wasur juga memberikan data sekunder yang sangat membantu untuk melengkapi bahan untuk uji petik penilaian.

            Berdasarkan data tersebut, tim melakukan simulasi untuk menentukan nilai ekonomi hutan di keempat tipe vegetasi tersebut. Adapun simulasi yang dilakukan dalam uji petik ini meliputi penghitungan biomasa, penghitungan flora, penghitungan fauna dan penghitungan manfaat wisata menggunakan travel cost method (TCM). Dalam proses uji petik penilaian ini melibatkan seluruh peserta di lingkungan Kanwil XVII Jayapura didampingi Tim Asistensi dari pusat.

  

            Kegiatan uji petik tersebut, diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif kepada penilai di lingkup Kanwil XVII DJKN, untuk mengantisipasi kemungkinan adanya permohonan penilaian sumber daya hutan dari stakeholder.

            IZAKOD BEKAI IZAKOD KAI…Satu Hati Satu Tujuan…..

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini