Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Penyegaran Aplikasi SIMPLe dan Aplikasi Perkantoran KPKNL Palangka Raya
N/a
Kamis, 24 Maret 2011 pukul 02:22:52   |   906 kali

Pada KPKNL Palangka Raya mengadakan penyegaran aplikasi SIMPLe dan aplikasi-aplikasi perkantoran tanggal 10 Maret 2011 bertempat di Aula KPKNL Palangka Raya.

            Kegiatan diikuti oleh Kepala Sub Bagian Umum, Kepala Seksi Pelayanan Penilaian, seluruh pegawai seksi Hukum & Informasi, Seksi Piutang Negara, perwakilan dari Subbagian Umum dan Seksi lainnya.

            Kegiatan yang bertujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan penggunaan Aplikasi SIMPLe dan aplikasi perkantoran lainnya tersebut juga merupakan salah satu kegiatan untuk mendukung pelaksanaan program aksi percepatan penyelesaian pengurusan piutang negara pada KPKNL Palangka Raya, khususnya yang berkaitan dengan pembentukan dan pemeliharaan database piutang negara dalam aplikasi SIMPLe.

            Sesuai dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Kekayaan Negera Nomor: 01/KN/2011 tentang Road Map Percepatan Penyelesaian Pengurusan Piutang Negara, KPKNL Palangka Raya saat ini telah menyelesaikan kegiatan entry data pembentukan database piutang negara ke dalam aplikasi SIMPLe.  

            “Penyegaran aplikasi SIMPLe dan Aplikasi Perkantoran ini, sangat penting bagi semua pegawai, tidak hanya Seksi Piutang Negara dan Seksi Hukum dan Informasi saja, karena setiap pegawai tidak selamanya berada di satu seksi. Bila sewaktu-waktu dimutasi ke Seksi/Bagian lain harus selalu siap dan mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang memadai”, demikian sambutan dari Kepala KPKNL Palangka Raya, Guntur Riyanto dalam pembukaan acara.

            “Dengan terbentuknya database dalam SIMPLe tersebut, maka monitoring pengurusan piutang negara dan pencarian saldo hutang debitor dapat dilakukan dengan cepat, tidak lagi harus mencari dan membuka berkas, dengan demikian akan dapat mempersingkat waktu layanan, serta dengan data yang akurat tersebut dapat meningkatkan kualitas layanan khususnya di bidang pengurusan piutang negara”, tegas kepala kantor.

            Materi yang disampaikan oleh Kepala Seksi Hukum dan Informasi, Cahyo Windu Wibowo terdiri dari dua tahap. Pada tahap pertama disampaikan materi penggunaan aplikasi SIMPLe yang meliputi kegiatan yang harus dilaksanakan oleh Seksi Hukum dan Informasi dan kegiatan yang harus dilaksanakan oleh Seksi Piutang Negara.

            Setelah database piutang negara terbentuk, perlu adanya pemeliharan/update data, Seksi Hukum dan Informasi bertanggung jawab terhadap update perubahan data angsuran/saldo utang, serta update data bila ada penerbitan Surat Pernyataan Piutang Negara Lunas/Selesai. Seksi Piutang Negara bertanggung jawab terhadap update perubahan data tahap pengurusan dan data barang jaminan. Meskipun update perubahan data tahap pengurusan dilakukan oleh Seksi Piutang Negara namun Seksi Hukum dan Informasi tetap melakukan monitoring dan verifikasi. 

            Pada kesempatan tersebut diadakan simulasi kegiatan input data BKPN, update perubahan tahap pengurusan piutang negara, update data angsuran dan saldo hutang, dan input data barang jaminan. 

  

            Pada penjelasan tahap kedua disampaikan materi yang berkaitan dengan penggunaan aplikasi perkantoran sehari-hari yang meliputi: penggunaan formula perhitungan penilaian bangunan dengan Daftar Komponen Penyusunan Bangunan (DKPB), mail merge, serta beberapa tips dan trik untuk mempercepat pekerjaan. Pada sesion ini juga diadakan simulasi perhitungan penilaian bangunan menggunakan software Microsoft Excel. Dengan formula tersebut waktu yang diperlukan untuk menghitung satu unit bangunan adalah kurang dari 3 menit. Setelah perhitungan penilaian bangunan, dilanjutkan dengan simulasi Penetapan Jumlah Piutang Negara (PJPN) yang di dalamnya termasuk pembahasan penggunaan fungsi terbilang dan mail merge.

            Diharapkan setelah mengikuti acara tersebut para peserta mendapat pemahaman yang lebih baik dalam penggunaan aplikasi SIMPLe dan aplikasi perkantoran lainnya sehingga akan memperlancar pelaksanaan tugas sehari-hari.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini