Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Verkom, Jalan Menjadi Penilai yang Profesional dan Berkompeten
Iwan Victor Leonardo
Selasa, 25 April 2017 pukul 17:20:26   |   544 kali

Palembang – Pada 17 s.d 21 April 2017 Direktorat Penilaian Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) menyelenggarakan kegiatan Pembinaan dan Verifikasi Kompetensi (Verkom) Penilai Pemerintah DJKN di lingkungan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Sumatera Selatan, Jambi dan Bangka Belitung (SJB). 

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Kanwil DJKN SJB ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan serta mengukur kompetensi Penilai Pemerintah pada Kanwil DJKN SJB.

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Kepala Kanwil DJKN SJB  Thaufik. Dalam pembukaannya Thaufik menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman masing-masing Penilai Pemerintah DJKN terhadap konsep, teknik, dan metodologi sesuai dengan perkembangan ilmu di bidang Penilaian.

Dalam kesempatan yang sama, Thaufik  juga memaparkan  hasil pelaksanaan Verkom tahun 2016 yang dilaksanakan di lingkup Kanwil DJKN SJB  dengan nilai rata-rata Verkom sebesar 64 atau tercapai 107 % dari target sebesar 60 yang ditetapkan dalam Indikato Kinerja Utama (IKU) Mandatory. 

Kegiatan Pembinaan dan Verkom berlangsung selama lima hari yang dikelompokkan kedalam  2 (dua) sesi. Sesi pertama dilaksanakan selama 3 hari (17 s.d. 19 April 2017) yang diisi dengan entry briefing dan overview hasil kegiatan verifikasi kompetensi Penilai Pemerintah DJKN tahun 2011-2016, Pemaparan  laporan penilaian yang disampaikan oleh masing-masing perwakilan peserta verkom dari Kanwil dan KPKNL yang berada di lingkup Kanwil DJKN SJB, dan Kaji ulang laporan penilaian, serta ujian tertulis (Verkom).

Selanjutnya acara diisi dengan Sosialisasi/Evaluasi Kebijakan/Peraturan terkait Revaluasi BMN, rancangan peraturan tentang petunjuk teknis penilaian Tanah, Gedung dan Bangunan, Jalan, Irigasi dan Jaringan dalam rangka penilaian kembali Barang Milik Negara serta Sosialisasi Penilaian Kekayaan Yang Dikuasai Negara Berupa Sumber Daya Alam yang dilaksanakan pada 19 s.d. 21 April 2017. Kegiatan pembinaan ini disampaikan secara bergantian oleh Muhammad Indra Kesuma dan Prima Indriyana  dari Direktorat Penilaian DJKN.

Kegiatan verifikasi kompetensi diisi dengan ujian tertulis yang diikuti oleh 17 (tujuh belas) penilai aktif dan non aktif yang berada di lingkup Kanwil DJKN SJB diantaranya 5 (lima) orang dari Kanwil, 3 (tiga) dari KPKNL Palembang, 6 (enam) dari KPKNL Jambi, 2 (dua) dari KPKNL Lahat, dan 1 (satu) dari KPKNL Pangkalpinang. Soal ujian dibagi ke dalam tiga kategori yaitu peraturan di bidang penilaian, teori dan praktek penilaian, dan penyusunan laporan penilaian yang harus diselesaikan oleh peserta dalam waktu dua jam.

Seluruh rangkaian kegiatan pembinaan dan verkom ini ditutup oleh Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Hukum, dan Informasi (KIHI) Kanwil DJKN SJB Wagito selaku Pelaksana Harian Kepala Kanwil DJKN SJB. Hasil/nilai akhir verifikasi kompetensi penilai di lingkungan Kanwil DJKN SJB diharapkan dapat meningkat dari tahun sebelumnya dan dari hasil pembinaan yang telah dilaksanakan selama 5 (lima) hari ini dapat meningkatkan kemampuan Penilai Direktorat Jenderal di lingkungan Kanwil DJKN SJB sehingga mampu menjadi Penilai yang profesional  dan berkompeten. (Teks/Foto :Iwan Victor Leonardo)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini