Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
KPKNL Bukittinggi Selenggarakan Lelang Expo Pertama di Indonesia
Hakim Setyo Budi Mulyono
Senin, 17 April 2017 pukul 22:18:04   |   1095 kali

Bukittinggi — Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bukittinggi bekerja sama dengan entitas perbankan se-Sumatera Barat menyelenggarakan Lelang Expo 2017 pada Minggu, 16 April 2017.


Acara yang berlangsung di pelataran Jam Gadang ini merupakan yang pertama di Indonesia.


Kepala KPKNL Bukittinggi Syukriah selaku penanggung jawab kegiatan, berharap kegiatan ini memberikan manfaat kepada masyarakat. “Lelang Expo ini merupakan upaya KPKNL untuk mendekatkan diri kepada pengguna jasa,” ungkapnya.


Menyambut kegiatan tersebut, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau (Kanwil DJKN RSK) Tugas Agus Priyo Waluyo menyatakan bahwa KPKNL Bukittinggi merupakan kebanggaan Kanwil DJKN RSK.


“KPKNL Bukittinggi di tahun 2016 telah mencapai juara satu lomba kantor pelayanan percontohan tingkat kementerian, dan tahun 2017 ini akan mengikuti seleksi kantor WBK WBBM (Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Bebas Bersih Melayani-red),” kata Agus. Ditambahkan Agus, apabila ada pelayanan KPKNL Bukittinggi yang kurang memuaskan, segera informasikan kepada Kanwil DJKN RSK.


Direktur Lelang DJKN Lukman Effendi yang turut hadir pada acara itu berkesempatan memberikan gambaran kepada masyarakat yang hadir di Lelang Expo bahwa DJKN adalah bagian dari Kementerian Keuangan, yang terdiri dari 17 Kanwil dan 70 KPKNL yang salah satunya adalah KPKNL Bukittinggi. Pelayanan lelang, menurut Lukman, sudah ada sejak 1908, namun semakin berkembang pada 10 tahun terakhir.


Lukman berharap dengan Lelang Expo ini KPKNL Bukittinggi semakin dikenal masyarakat. “Manfaat (dari Lelang Expo ini) penjual seperti perbankan bisa mempromosikan entitasnya, objek yang akan di lelang, kondisi barang, dan harganya limitnya (kepada masyarakat),” katanya.


Dengan pelaksanaan lelang, menurut Lukman, pihak bank bisa menurunkan Non Performing Loan (NPL). “(Turunnya NPL) bisa berpengaruh positif untuk perekonomian Indonesia,” ungkap Lukman.


Lelang Expo 2017 dibuka langsung oleh Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias. Ia sangat menyambut baik kegiatan semacam ini. “Saya turut bangga Lelang Expo pertama diselenggarakan di Bukittinggi,” katanya.


Menurut Ramlan, selama ini KPKNL sudah dikenal di kalangan pemerintahan namun belum tersosialisasi di masyarakat. “Pemerintah Kota Bukittinggi telah menggunakan jasa KPKNL dalam penilaian dan lelang,” ungkapnya.


Menyusul suksesnya kegiatan Lelang Expo, Ramlan berharap di tempat yang sama kelak bisa dilaksanakan lelang yang sebenarnya sehingga masyarakat langsung bisa praktek turut sebagai peserta lelang.


(Teks: Hakim SB Mulyono, Foto: Ilham Aldavi, Aji Somawan)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini