Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Sekretariat adakan Capacity Building Pengelolaan Kinerja
N/a
Rabu, 18 Mei 2011 pukul 05:15:50   |   628 kali

Sekretariat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara mengadakan Kegiatan Capacity Building Pengelolaan Kinerja pada tanggal 18 dan 19 Mei 2011 bertempat di Hotel Alila, Jakarta.

Acara ini diikuti oleh 35 peserta dari perwakilan Kantor di wilayah Aceh, Medan, Pekanbaru, Palembang, Jakarta, Bandung dan Pontianak. Kebanyakan peserta merupakan Pengelola Kinerja dari Kanwil dan KPKNL.

Kepala Bagian Organisasi dan Kepatuhan Internal (OKI), Dedi Syarif Usman membuka sekaligus memberikan arahan kepada para peserta. Dalam arahannya, Kabag OKI berpesan agar peserta serius mengikuti kegiatan ini. Kabag OKI juga menyampaikan kepada para peserta agar segera melaksanakan hal-hal yang didapat dalam kegiatan ini mengingat batas waktu kontrak kinerja Kemenkeu Four jatuh pada pertengahan tahun ini.

Selanjutnya, Kabag OKI menyampaikan tujuan utama diadakannya kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman pengelola kinerja dalam hal tata cara penyusunan peta strategi dan IKU, tata cara melakukan cascading dan alignment, tata cara penyusunan manual Indikator Kinerja Utama (IKU), tata cara penyusunan laporan kinerja bulanan/triwulan, tata cara evaluasi kinerja dan perhitungan Nilai Kinerja Unit (NKU), dan pengenalan aplikasi BSC “Actuate Performance Views”.

Setelah pembukaan, Kepala Sub Bidang Program dan Kegiatan IVD, Pushaka (Pusat Analisis dan Harmonisasi Kebijakan) Kementerian Keuangan, M. Asep Kurniawan mengisi sesi pertama kegiatan ini. Kasubbid dari Pushaka ini menjelaskan antara lain mengenai penerapan dan perkembangan Balance Scorecard (BSC) yang ada di Kementerian secara umum diikuti dengan strategi-strategi yang digunakan dan penerapannya.

Hingga berita ini diturunkan, kegiatan masih berlangsung selama dua hari ke depan. Kegiatan berlangsung dengan penyajian materi sebagai berikut:

  1. 1.       Penerapan BSC Kementerian Keuangan
  2. 2.       Pengenalan Peta Strategi
  3. 3.       Teknik Penyusunan IKU
  4. 4.       Teknik Cascading dan Alignment
  5. 5.       Manual IKU dan Perhitungan NKU
  6. 6.       Pengenalan Aplikasi BSC
  7. 7.       Sosialisasi Kepatuhan Internal
Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini