Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Sosialisasi Migrasi BMN dan Persiapan Pelaksanaan Rekonsiliasi Semester I 2011
N/a
Jum'at, 01 Juli 2011 pukul 11:35:18   |   474 kali

       KPKNL Jember mengadakan kegiatan sosialisasi migrasi aplikasi SIMAK BMN dan Persediaan serta persiapan pelaksanaan rekonsiliasi semester I 2011 pada tanggal 15 s.d. 20 Juni 2011 yang diikuti oleh seluruh satuan kerja (satker) di wilayah kerja KPKNL Jember sebanyak 226 satker. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di Bondowoso, Probolinggo, Jember dan Banyuwangi.

       Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB, dengan diawali sambutan dari Anita Dhamajanti, Kasubbag Umum mewakili Kepala KPKNL Jember. Anita menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melaksanakan kegiatan migrasi aplikasi SIMAK BMN dan Persediaan sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 29/PMK.06/2010 tentang Penggolongan dan Kodefikasi BMN serta untuk persamaan persepsi antara KPKNL Jember dengan satker pada pelaksanaan rekonsiliasi semester I 2011. Kepala KPKNL Jember mengharapkan, petugas dari satker (operator SIMAK BMN dan operator SAKPA) dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius, sehingga pelaksanaan semester I 2011 diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan sukses, serta menyampaikan segala kendala permasalahan terkait migrasi maupun hal lainnya terkait Barang Milik Negara (BMN) langsung ke nara sumber.

         

       Seusai pembukaan dari Kepala KPKNL Jember, acara berikutnya yaitu penyampaian materi standar operasional prosedur (SOP) Konversi Penggolongan dan Kodefikasi BMN yang disampaikan oleh Kepala Seksi PKN, Widodo Sunarko. Materi ini disampaikan, agar para petugas satker dapat memiliki gambaran umum mengenai pelaksanaan migrasi aplikasi SIMAK BMN dan Persediaan sebelum melakukan praktek migrasi. Pada kesempatan tersebut, Widodo menyampaikan tahapan dari pelaksanaan migrasi, dimulai dari tahap pra pelaksanaan, tahap pelaksanaan dan tahap pasca pelaksanaan. Selain tahap pelaksanaan, yang penting juga adalah tindak lanjut dari pelaksanaan konversi.

       Kegiatan berikutnya yakni, praktek migrasi Aplikasi SIMAK BMN dan Persediaan yang dipandu oleh staf dari Seksi PKN. Pada sesi ini petugas dari satker dipandu proses instalasi aplikasi migrasi (SIMAK BMN dan Persediaan) dan instalasi aplikasi SIMAK BMN dan Persediaan baru yang telah sesuai PMK 29 Tahun 2010. Proses migrasi yang dilaksanakan oleh satker secara umum tidak mengalami kendala, nilai BMN sebelum dan setelah proses migrasi telah dibandingkan dan nilainya sama. Proses selanjutnya adalah melakukan pengiriman data hasil migrasi baik yang pindah akun maupun BMN yang tidak termigrasi ke SAKPA. Petugas satker juga dipandu cara pengisian kertas kerja konversi penggolongan dan kodefikasi BMN sebagai kelengkapan dari pelaksanaan migrasi.

       Sebelum acara diakhiri, disampaikan juga beberapa hal terkait pelaksanaan rekonsiliasi semester I 2011, diantaranya :

1.   Jadwal pelaksanaan rekonsiliasi semester I 2011. Satker wilayah Kab. Jember diberi jadwal melaksanakan rekonsiliasi semester I 2011 pada tanggal 1 Juli 2011, Kab Bondowoso dan Kab. Situbondo pada tanggal 4 Juli 2011, Kab. Banyuwangi pada tanggal 5 Juli 2011, Kab/Kota Probolinggo pada tanggal 6 Juli 2011 dan Satker dengan jenis kewenangan KP, TP, dan UB pada tanggal 7 Juli 2011.

2.   Prosedur rekonsiliasi ulang agak diperketat dengan cara mengingatkan kepada petugas satker untuk melakukan check dan re-check keseluruhan transaksi sebelum melaksanakan rekonsiliasi dengan KPKNL Jember.

3.   Penyampaian soft copy agar dilaksanakan dengan tertib, dengan cara mengirim via email keseluruhan data yang diminta pada tanggal 30 Juni 2011 atau dengan media lainnya selain tanggal 30 Juni 2011 tersebut.

4.   Prosedur penyampaian laporan satker lingkup Kementerian Agama yang disesuaikan dengan surat dari Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nomor SJ/BIII/KU.00/1771/2011 tanggal 25 Mei 2011.

5.   Penatausahaan BMN dari Barang Rampasan dan dari dana Tugas Pembantuan yang masih belum dilaksanakan dengan tertib, KPKNL Jember siap melayani satker untuk perbaikan pelaksanaan pegelolaan dan penatausahaan BMN yang tertib. KPKNL Jember juga memberikan contoh-contoh surat dan peraturan yang berkaitan dengan BMN.

       Pada kegiatan ini, KPKNL Jember juga menyebar kuesioner untuk diisi oleh petugas dari satker sebagai bahan evaluasi dan perbaikan dari pelayanan KPKNL Jember yang dapat memuaskan stakeholder bidang BMN. KPKNL Jember berkomitmen melayani dengan SENYUM (Senang, Nyaman, Unggul, dan Memuaskan). Acara berakhir pada pukul 03.00 WIB, dengan sambutan penutup dari Kepala Seksi PKN. (Eko)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini