Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
KPKNL Gorontalo Berbagi Kasih: Indahnya Kebersamaan- Indahnya Rasa Berbagi
N/a
Senin, 05 September 2011 pukul 10:42:53   |   619 kali

Bertajuk “DJKN Berbagi – Satukan Hati Maknai Bulan Suci Untuk Selalu Peduli”, segenap karyawan KPKNL Gorontalo mengadakan acara silaturahmi sosial yang dilanjutkan dengan acara berbuka puasa bersama di lingkungan KPKNL Gorontalo. Aksi silaturahmi sosial kali ini diperuntukkan bagi penyandang cacat dan para orang lanjut usia yang memang memiliki kesulitan dalam berjalan. Wujud nyata kegiatan tersebut adalah penyaluran bantuan dari donatur Program Peduli Kasih berupa 22 unit kursi roda berikut bingkisan kebutuhan pokok.

Bukan suatu hal yang mudah bagi panitia penyelenggara dari KPKNL Gorontalo untuk mencari orang-orang yang memang benar-benar membutuhkan kursi roda sebagai amanat para donatur peduli kasih, bahkan panitia pernah menemui penyandang cacat yang tidak berkenan diberi kursi roda dengan alasan tidak menyukainya dan merasa tidak membutuhkanya.

Tujuan utama dari inisiatif penyelenggaraan acara sosial ini selain untuk memaknai bulan Ramadhan yang penuh hikmah, termasuk di dalamnya adalah menjadi ajang untuk kembali memperkenalkan dan sekaligus mempererat tali ikatan hati Ditjen Kekayaan Negara (DJKN) dan KPKNL Gorontalo kepada masyarakat di propinsi Gorontalo.

Kegiatan sosial ini disenggarakan pada hari Jumat, 19 Agustus 2011 pada pukul 15.00-16.00 WITA bertempat di ruang depan/Front Office KPKNL Gorontalo. Hadir juga pada acara tersebut Kepala Bagian Umum Kanwil Perbendaharaan Gorontalo, Kepala KPPN Gorontalo, Kepala KPPBC Gorontalo, dan Kepala Kantor Taspen Gorontalo.

Acara diawali dengan pembukaan oleh Kepala KPKNL Gorontalo Mustafa, yang menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan beban tersendiri bagi KPKNL Gorontalo sebagaimana diamanatkan oleh para donatur untuk dapat menyalurkan bantuan ini kepada mereka yang berhak. Tidak jarang bantuan semacam ini banyak disalahgunakan, sehingga keberhasilan dalam menyampaikan amanat tersebut diharapkan menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi segenap pegawai dan staf KPKNL Gorontalo. Kepala KPKNL Gorontalo juga menyampaikan perlunya rasa bersyukur bagi yang berkelebihan dan semangat pantang menyerah bagi yang kekurangan, karena hal-hal seperti itulah yang nantinya akan mewarnai dunia dan mendorong ke arah perubahan yang lebih baik.

  Seusai sambutan oleh Kepala KPKNL Gorontalo, sambutan berikutnya dari perwakilan Kantor Wilayah Perbendaharaan yang diwakili oleh Kepala Bagian Umum, Fauzin Amri. Dalam sambutannya, Fauzin Amri,  menyampaikan dukungannya terhadap pelaksanaan acara ini dan berharap semoga pembagian kursi roda ini menjadi benar-benar bermanfaat dan mendatangkan berkah dari Tuhan Yang Maha Esa.

Seusai sambutan, secara simbolis dua buah kursi roda berikut bingkisan lebaran diserahkan dari Kepala KPKNL Gorontalo kepada Hala Yusuf dan Siti Maruwa. Terlihat sirat muka kebahagiaan dan rasa haru menyelimuti suasana pembagian tersebut. Tidak urung sepercik air mata turut terurai dari para hadirin dan tamu undangan, terasa betapa indahnya kebersamaan dan berbagi kasih. Setelah penyampaian secara simbolis, acara silaturahmi sosial pembagian kursi roda pun ditutup dengan do’a bersama.

Usai penutupan, segenap pegawai KPKNL Gorontalo membagi-bagikan bingkisan sembako beserta sisa kursi roda termasuk membantu mengangkatkan kursi roda yang masih terbungkus rapi ke barisan Bentor (Becak Montor-Kendaraan Angkutan Umum Khas Gorontalo) yang sudah berbaris rapi mengantri di pintu depan. Sebagai salah satu rangkaian kegiatan di hari tersebut adalah acara buka bersama segenap staf dan keluarga KPKNL Gorontalo. Sebagai pembuka acara buka bersama adalah siraman rohani dan tanya jawab seputar Islam, puasa, dan hal-hal yang terkandung di dalamnya.

Sayup-sayup mulai terdengar suara adzan penanda waktu sholat Maghrib mulai terdengar, tanda bahwa waktu berbukapun telah tiba. Maka bersama-sama do’a berbuka puasa diucapkan dan dilanjutkan dengan menyantap hidangan berbuka puasa yang memang telah disiapkan. Di sela-sela menyantap hidangan tersebut, di antara para pegawai KPKNL Gorontalo masih tersirat rasa turut berbahagia dan turut berbangga hati, karena telah berhasil menyelenggarakan silaturahmi sosial bagi mereka yang membutuhkan.  Semoga apa yang menjadi harapan dari para donatur Peduli Kasih bekerja sama dengan DJKN - KPKNL Gorontalo untuk sedikit meringankan beban para penyandang cacat dan para manula dapat terwujud dan menjadikannya suatu ikatan silaturahmi yang lebih baik di antara masyarakat Gorontalo dan DJKN-KPKNL Gorontalo. (---wijiyudhi@gmail.com---)

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini