Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Tingkatkan Kualitas SDM, DJKN Gelar Workshop Penilaian Properti
N/a
Kamis, 29 September 2011 pukul 16:51:18   |   551 kali

     Yogyakarta - Direktorat Penilaian bersama Sekretariat Direktorat Jenderal kekayaan Negara (DJKN) menggelar Workshop Penilaian Properti Angkatan IV Batch 2 pada tanggal 26 September - 1 Oktober 2011 di Hotel Cakra Kusuma Yogyakarta.

     Workshop ini dibuka oleh Kepala Subdirektorat Analisis Data dan Informasi Penilaian (ADIP) Direktorat Penilaian Emmy Hermiati didampingi oleh Kepala Subbagian Pengembangan SDM Sekretariat DJKN Sunu Subroto yang diikuti oleh 39 pegawai di lingkungan DJKN.

      Kasubdit ADIP mengatakan saat ini DJKN khususnya Direktorat Penilaian mempunyai program kerja tahun 2011 yang harus segera diselesaikan antara lain, penyusunan peraturan-peraturan di bidang penilaian kekayaan negara, pembentukan basis data penilaian dan musyawarah nasional serta capacity building dan quality assurance.

    

      Mantan Kasubdit Sistem Aplikasi ini juga menjelaskan tentang seringnya terjadi aplikasi yang bermasalah. Hal ini dikarenakan kurangnya komunikasi dan koordinasi antara user dan pembuat aplikasi. Ia berharap agar komunikasi dan koordinasi pembuat aplikasi dan user terus ditingkatkan agar aplikasi dapat bermanfaat secara optimal.

      Sebelumnya, acara serupa juga telah dilaksanakan di tempat yang sama pada 12-17 September 2011 yang dibuka oleh Direktur Penilaian I.B Aditya Jayaantara yang dilanjutkan dengan memberikan materi current issue tentang penilaian. Selain itu, Direktur Penilaian juga melakukan courtesy dengan pengelola Magister Ekonomika Pembangunan Universitas Gajah Mada (MEP UGM) yang membicarakan tentang kerjasama antara dua instansi sehingga kerjasama tersebut dapat saling memberikan kontribusi yang baik bagi keduanya.

      Sampai berita ini ditulis acara masih berlangsung. Dalam Workshop ini akan dibahas secara komprehensif materi-materi tentang penilaian properti antara lain:

1.      Current Issue Pengembangan Kualitas Penilai Pemerintah oleh Kasubdit ADIP Emmy Hermiati

2.   Analisis Highest and Best Uses dan Penerapannya dalam Penilaian, Penggunaan Pendekatan Kalkulasi Biaya dalam Penilaian BMN untuk Keperluan Penghapusan dan Pendalaman DKPB oleh Kepala Seksi Penilaian  Peningkatan Kualitas Penilai Pemerintah Direktorat Penilaian Rachmat Kurniawan

3.   Penggunaan Pendekatan Perbandingan Data Pasar dalam Penilaian BMN untuk Keperluan Penghapusan, Penilaian Bangunan yang akan di Bongkar dan Standar Laporan Penilaian oleh kepala Seksi Pembinaan Penilai Pemerintah I Direktorat Penilaian Tetik Fajar Ruwandani

4.      Penggunaan Pendekatan Pendapatan dalam Penilaian BMN oleh Pembinaan Penilai Pemerintah II Direktorat Penilaian Qoswara.

5.      Penilaian terkait Kekayaan Negara Dipisahkan oleh Kepala Seksi Kekayaan negara Dipisahkan IIC Direktorat Kekayaan negara Dipisahkan Sri Yuwono Hari Sarjito

6.      Diskusi Penilaian oleh Rachmat Kurniawan dan Yunita Irawati.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini